11.9.09

Procrastination

Procrastination.

Ya, itu hal yang paling sering dilakukan oleh semua manusia. Menunda adalah sesuatu hal yang sudah biasa di lakukan oleh kita semua. Mulai dari hal yang sepele, sampai hal yang besar. Tapi kadang sadar gak, kalau hal yang satu ini sebenanrnya adalah musuh terbesar dalam kehidupan kita?

Kita tahu, banyak yang sadar (pasti ada) kalau menunda itu bukanlah suatu hal yang baik untuk dikerjakan. Tapi kenapa kita masih sering melakukan hal itu? Apakah itu sesuatu yang bisa dibanggakan? Apakah itu sesuatu yang bisa dijadikan contoh? Apakah itu hal yang baik untuk masa depan kita?

Sekarang, coba kita bayangin kalau semua pekerjaan kita tunda, berapa banyak orang yang telah kita rugikan? Jangankan ketika bekerja sama dengan orang lain, disaat kita harus melakukan kegiatan kita sendiri dan kita menundanya, semua jadi berantakan. Memang menunda itu enak untuk di lakukan tapi tanpa kita sadari, kita sendirilah yang telah menghancurkan semuanya. Segala hal yang seharusnya sesuai dengan rencana, semua jadi buyar, berantakan. Yang seharusnya berjalan sesuai rencana KALAU kita mengikuti 'schedule' yang sudah dibuat, semua menjadi kacau hanya karena suatu hal simpel: menunda.

Akhir-akhir ini Icha disibukkan oleh assignments yang begitu banyak di kampus. Dan kalau lagi kayak gini, jadi inget waktu masa-masa Icha masih shooting dan Icha juga harus kuliah. Jujur, sering sekali Icha selalu berpikiran, "ah, nanti aja ah ngerjain tugasnya." atau "ah, nanti aja ah ngelakuin ini. nanti aja ngelakuin itu". Sampai akhirnya,Icha sadar kalau itu sama sekali tidak baik. Banyak alasan supaya kita bisa menunda pekerjaan itu, tapi pada akhirnya, kita menyesal. Dan selama beberapa tahun terakhir Icha mendapatkan hikmah dari semua pekerjaan bahwa TIME MANAGEMENT AND DO NOT PROCRASTINATE ANYTHING itu sangatlah penting.

Ya, kita perlu dan harus membuat timeline sendiri untuk segala sesuatu yang terjadi terhadap kita. Kita harus bisa membedakan mana yang harus dilakukan terlebih dulu dan tentu saja TANPA menundanya. Memang pasti untuk memulai itu semua sangatlah berat, karena pasti ada saja hal-hal yang bisa membuat kita membatalkan niat untuk melakukan hal yang seharusnya kita lakukan. Banyak contoh yang bisa kita dapatkan.

Sekarang ini, social networking sites sangatlah 'terkenal'. Dimana-mana, orang selalu menyempatkan waktu untuk membuka website-webiste yang memang bisa menghubungkan kita dengan orang-orang yang jauh. Memang menyenangkan bukan kalau kita bisa melakukan segala sesuatu dalam satu website tertentu; main games, lihat-lihat foto, memberikan comments, dan masih banyak lagi. Sampai ktia tidak sadar dengan perubahan waktu yang begitu cepat. Dan begitu kita sadar dan teringat akan pekerjaan yang seharusnya terlebih dulu dilakukan dibandingkan membuka sesuatu yang sifat kepentingannya 'dibawah' pekerjaan kita, kita langsung dihantui oleh rasa malas. Bahkan untuk memulai saja tidak ada niat. Dan lagi-lagi, menunda. Sampai akhirnya tertunda untuk waktu yang sekian lama.

Namun apa yang terjadi? Ya. Semua jadi kacau. Yang tadinya kita bisa tenang, menjadi panik karena belum menyelesaikan tugas itu, yang tadinya kita mempunyai waktu banyak untuk beristirahat, menjadi berkurang. Dan akhirnya, kita mencari-cari alasan agar diberikan perpanjangan waktu. Bukankah itu hal yang tidak baik? Hehe. Icha juga pernah menunda sesuatu dan akhirnya Icha sadar bahwa itu sesuatu yang sangat harus dijauhi. Dan benar, ketika Icha harus melakukan dua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dan keduanya bersifat sangat penting karena menyangkut banyak orang, Icha disadari oleh yang namanya Time Management. Dimana Icha sudah harus 'men-set' semua kegiatan Icha sedemikian rupa sehingga semuanya tidak terbengkalai.

Memang berat, ketika Icha harus membagi waktu Icha, memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan tugas disela-sela shooting, tapi apa yang bisa Icha dapatkan dari kejadian itu? Banyak sekali. Icha bisa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, Icha juga tidak terburu-buru dan panik akan waktu, Icha juga bisa meng-organized segala sesuatu dengan baik. Dan pada akhirnya, hal itu tidak hanya untuk masalah tugas, tapi berlaku untuk semuanya. Sehingga Alhamdulillah, sekarang Icha menjadi orang yang bisa meng-organized segala sesuatu dengan baik, dan Icha bisa mebedakan mana yang harus Icha lakukan terlebih dahulu.

Sekarang, hidup itu adalah pilihan. Dimana ada saat kita di hadapi dengan pilihan yang sangat sulit. Tetapi, kita sebagai manusia seharusnya tahu mana yang terbaik untuk kita. Memang tidak mudah, tapi kalau kita mau terus berusaha dan tidak menyerah, Insya Allah banyak hikmah yang kita dapatkan. Banyak keuntungan yang bisa kita banggakan, untuk diri sendiri dan juga untk orang lain. :)

Kalian tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Mulailah untuk bisa membedakan segala sesuatu agar penundaan itu tidak terjadi. Jangan takut kalau kalian dibilang tidak bersahabat dengan yang lain, atau segala macamnya, karena ini untuk kebaikan kalian. Ketika kamu sudah melewati itu semua, kamulah yang akan menjadi bangga pada diri kita sendiri :)

The sooner you fall behind, the more time you have to catch up. You may delay, but time will not. Don't fool yourself that important things can be put off till tomorrow, they can be put off forever, or not at all. The best way to get something done is to begin. :)

21 comments:

  1. icha..
    blognya bagus.. gimana cara buatnya???
    punyaku masii STD bgt.
    Smoga kita bisa jadi teman.. :)

    ReplyDelete
  2. stuju bgt,,,
    kalau bisa dikerjakan skarang knapa harus ditunda...

    ReplyDelete
  3. Sayang semangat selesaikan kuliah kamu.. jgn tunda tundamakany...
    cepet cepet kita selesaikan sama sama, cepet ketemu deh.. heheh
    mizz u cha..

    ReplyDelete
  4. inspiratif...!!


    sukses ya sm karier n kuliahnya...

    ReplyDelete
  5. iya cha..
    hilda ini salah satu orang yang "hobi" banget nunda nundaa apapun..
    pengen banget berubah.. tapi emang gag gampang yaa.. ))x

    ReplyDelete
  6. @HILDAmorphoza : iya, Icha tau kok emang pasti susah. Tapi harus coba. :) Icha yakin pasti bisa kok..

    ReplyDelete
  7. hmmm...hmmm...hmmm...
    Do Not Procrastinate Anything, itu kesimpulan yg tergesa-gesa sepertinya. imho.

    kegiatan 'menunda' itu tidak seutuhnya keliru, tidak melulu negatif. asalkan tepat pada situasinya.

    manajemen waktu itu bagus, tapi ada yg lebih prioritas lagi, manajemen umur. imho.

    dan utk selalu dalam keadaan bersyukur + lillahi ta'ala itu jg lebih mengasyikkan.

    If everything has been written down, so why worry, we say.

    hidup itu adalah pilihan -change-> bahagia itu adalah pilihan. value bahagia itulah yg ingin selalu diraih seumur hidup. imho.

    anyway, keep writing yo. then you'll rilekss... hihihihi... :)

    ReplyDelete
  8. Wow.. New layout nih.. Hoho..
    Nice post Cha.. Keep blogging..

    ReplyDelete
  9. hidup itu sederhana cha,,,
    rencana qt yg buat hdp jdi lebih hidup,,,

    nice to read your blog,,,
    blh khn w sllu ngikutin cha,,,hehe

    ReplyDelete
  10. Masa itu EMAS....ingat LIMA perkara sebelum LIMA perkara..Sihat sebelum sakit, Muda sebelum tua, Kaya sebelum miskin, Lapang sebelum sempit, Hidup sebelum mati ...

    ReplyDelete
  11. nulis apa nich.. disuruh sama tria ini juga cha.. hahahah no, just kidding.. emang sih, kadang kita sering banget.. nget..nget.. nunda2 yang namanya pekerjaan.. udah tau itu nggak bagus, masih aja dilakuin.. kenapa ya? (coba tanya diri sendiri dulu.. heheh)..
    eh, pacarnya icha udah komen ya...?!

    ReplyDelete
  12. Dear kak Icha, I totally agree with you from what you wrote in this blog..Thanks for reminding us and this really help us for the people who wasted their times for nothing and the people who are depending on time.
    good work :):)
    Rifa,

    ReplyDelete
  13. Hehe, ngerasa nih Bunda suka nunda-nunda terutama shalat subuh n isya.
    Makasih, cha.

    ReplyDelete
  14. I agree with you. And there is a lot of meaning behind you story about "Procrastination". Maybe all your stories have a lot of meaning.

    Nice job!
    Huda

    ReplyDelete
  15. um... btol tu...
    saya kenal 1 orang yang suka tunda kerja...
    it's ME!!!

    hehe...
    icha plz dont be like me kay?

    keep ur track when u r running.... no crossing... takut terbabas... hihi...

    ReplyDelete
  16. OMG! Icha macam bisa tau kok kalau aku salah sorang yg suka melakukan - penundaan! :o

    Hahahaa but it's okay..Saya akui memang sebelum ni saya suka menunda utk melakukan sesuatu perkara but after something happen and ruin my life bcoz this; Procrastination; saya cuba utk memperbaiki 'kelemahan' yang terdapat dalam diri ini..
    Alhamdulillah sekarang ni saya boleh membahagikan masa dengan baik, walaupun terkadang ada berlaku penundaan jugak :P , tapi pada saya ia adalah sesuatu yang baik daripada terus membuat kesilapan yang sama tanpa menyedari 'seksa' yg bakal diterima.. :)

    Thankz 4 da post icha!

    ReplyDelete
  17. icha dear...

    makasih banget2 atas tulisannya yg inspiratif ini...
    hwaaa,,,makin ngefans ajah ama Icha..
    sukses yah dear bwt kuLiahnya...
    semangaattt...^^

    ReplyDelete