3.9.09

Menghargai dan Dihargai..

Terkadang memang susah.. Kita sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik yang kita bisa, melakukan hal yang sebisa mungkin menyenangkan semua orang, tetapi tetap saja dapat cobaan. Masih ada saja yang tidak suka dengan segala sesuatu yang kita lakukan. Segala cara akan dilakukan untuk menjatuhkan kita.

Ya, itulah manusia. Tidak pernah memiliki rasa puas. Baik dalam pekerjaan, baik atau buruk, sekalipun dalam hal yang negatif, mereka tidak pernah merasa puas. Dalam konteks ini, Icha akan bercerita bagaimana ketika Icha (dari pandangan seorang Alyssa Soebandono) melihat sesuatu yang (sejujurnya) kurang berkesan di hati.

Baru saja Icha buka YouTube, dan disaat Icha ingin nonton sinetron Aisyah (thanks to Miracary) yang sudah di upload ke YouTube. Namun ketika Icha men-search nama Icha, munculah sebuah video, ketika icha view the newest video yang baru saja di upload sama orang yang berada di Malaysia. In this case, I won't write her usename account. Jujur, ketika Icha nonton, agak shocked sih sebenernya. Iyalah, siapa yang ga kaget coba, ketika nonton sebuah video, yang menjelek-jelekkan kita dengan cara meng-edit foto kita, lalu di samakan dengan binatang? Sedih? Jelas. Terbesit perasaan marah, juga pasti ada. Icha juga ga bisa bohong kok, kalau Icha 'kesel' ketika melihat video itu.

Tapi itulah resiko menjadi seorang public figure. Dimana segala sesuatu yang ktia lakukan tidak bisa menyenangkan hati semua orang. Karena manusia mempunyai selera mereka masing-masing. Icha pun juga menulis ini bukan untuk memaksa kalian agar membela Icha. Tapi Icha hanya ingin mencurahkan apa yang Icha rasakan dan yang ada di dalam pikiran Icha ketika mengetahui hal tersebut. Susah sih, untuk membuat semua orang senang. Apalagi ketika kita sudah menjadi seorang public figure, dimana garis perbatasan antara privacy dan public interest itu sudah tidak terlihat. Kita (public figure) tidak bisa hidup sembarangan, segala sesuatu -mulai dari hal sepele sampai permasalahan besar- sudah menjadi konsumsi publik sehari-hari. Segala sesuatu hal yang kita lakukan selalu saja diberikan komentar.

Ya, itulah kehidupan. Seberapa kerasnya usaha kita untuk menjadi yang terbaik, tetap saja ada cobaan yang menimpa. Dan hal ini, Icha jadikan sebagai pelajaran. Icha sama sekali tidak menyalahkan siapa-siapa. hanya saja, Icha juga jadi berfikir, bahwa terkadang manusia itu melakukan sesuatu tanpa dipikir dua kali apa akibatnya. Dan terkadang, manusia itu kurang mengerti apa arti benci sesungguhnya. Benci itu mempunyai makna yang luas :) Tinggal bagaimana kita menafsirkan kata benci itu dalam konteks yang tepat. Tetapi, ya Icha juga masih berpikir, apakah bisa dibilang benci ketika kita (public figure) melakukan hal yang sama sekali tidak merugikan dan mengganggu kehidupan mereka, hal yang sama sekali (sebenarnya) tidak ada hubungannya dengan mereka, dan hal yang (sama sekali) bukan urusan mereka. Apalagi ketika mereka sampai menyamakan kita dengan binatang. Mereka dengan gampangnya membuat video seperti itu, dan langsung di uploa ke YouTube, agar semua orang bisa tahu bahwa mereka benci sama kita. Hmm. Mereka pernah berpikiran gak ya, bagaimana seandainya hal itu terjadi sama mereka? :) Apakah mereka bisa menerimanya dengan hati yang ikhlas, atau justru malah melakukan serangan balik? Atau Bagaimana sih rasanya kalian ketika diperlakukan seperti itu?

Dari hal ini, Icha juga belajar, bahwa manusia yang melakukan hal seperti itu, tidak berpikiran panjang. banyak sekali dianatara mereka yang men-judge kita hanya dari luarnya saja. banyak sekali dari mereka yang langsung membuat suatu kesimpulan yang sebenarnya salah, yang sebenarnya bukanlah suatu realita, yang sebenarnya bukan mereka yang mengetahui jawabannya, tapi kita-lah yang mengetahui itu semua. Bagaimana mereka bisa di hargai oleh orang lain ketika mereka melakukan hal yang (bisa) membuat orang lain tidak menghargai mereka (walaupun ada juga yang membela mereka). Dan dari hal ini, Icha juga semakin diuji. Karena semakin tangguh dan kuat Icha dalam menghadapi cobaan sekecil dan sesepele apapun, selama kita bisa menerima itu semua dengan hati yang lapang dan ikhlas, Insya Allah kita bisa mendapatkan hikmah dari itu semua. Dan dari hal kecil ini juga terlihat bahwa kadang manusia hanya melihat segala sesuatu dari satu sisi, tanpa memikirkan dari sudut pandang lain dan hal-hal lainnya :)

Terima kasih atas videonya ya. Itu menandakan bahwa dia tetap meperhatikan Icha. Walaupun dari sisi negatif. Hehehe. Tapi sayang banget, mereka sudah menyalah gunakan teknologi yang seharusnya bisa digunakan dengan baik, bukan untuk melakukan hal yang hanya membuang waktu mereka. Mungkin, mereka merasa puas dengan cara luapan yang seperti itu kali ya? Hehehe. Disaat seperti ini, Icha selalu balik lagi ke lagu Dewa 19 - Hadapi Dengan Senyuman. Karena Icha yakin, dibalik ini semua, Tuhan telah merencanakan sesuatu. Icha hanya ingin menjadi diri Icha apa adanya. Menerima semua dengan lapang dada dan ikhlas, menjalanin yang seharusnya Icha jalani, TANPA mengganggu kehidupan orang lain. Dan satu hal yang pasti, bukan mereka yang mengetahui bagaimana kehidupan Icha sebenarnya, tapi jauh dari kalian, Allah yang Maha Mengetahui. Dan Allah pula yang mengatur kehidupan Icha menjadi seperti ini :) Icha hanya ingin tumbuh menjadi seorang manusia yang bisa menghargai manusia lainnya, sehingga kita pun akan dihargai oleh mereka. Icha juga manusia biasa, yang tidak luput dari kesalahan, tapi tetap mencoba bertahan untuk melakukan yang Icha bisa lakukan. Icha tetaplah Icha. Icha tidak akan merubah apapun atau melakukan hal-hal yang mereka inginkan (demi kepentingan mereka). Icha akan tetap menjadi Alyssa Soebandono...yang juga punya perasaan, hati, dan akal sehat...sebagai seorang manusia.

Live brave, Cha. Be true to yourself. Nothing in life is to be feared; it is only to be understood :)

46 comments:

  1. yup,icha public figure,tpi juga manusia biasa yg bisa kesel,marah,dll.dan itu hal yg lumrah.
    namun nikmatnya hidup tuh klo kita bisa ngerasa ikhlas,apalagi di bulan puasa ini.Dan itu yang aq liat dri tulisan ini'ikhlas'.pertahanin dan slalu upgrade hati kita biar ikhlas.
    aminn...

    ReplyDelete
  2. @sultanJr : thank you for reading my blog... :):) yang tadi nanya di twitter juga kan? Hehehehe

    ReplyDelete
  3. It's OK cha and good on you, makes you even stronger! Biarin aja orang-orang yg sirik sama kamu, sooner or later mereka akan dpt balesannya dari tuhan. Keep up the good work cha! :)

    ReplyDelete
  4. Sepakat, seringkali kita berbuat baik untuk orang lain, walaupun terkadang seringkali menyakiti diri sendiri.
    Bagaimana kalau perbuatan baik itu kita lepaskan dari orang lain, jadi kita melibatkan diri kita untuk berbuat benar.

    ReplyDelete
  5. luar biasaa..
    aku bener2 salut banget ama icha soalnya bener2 nerima hal yg gk baik itu. bener gak salah deh aku milih alyssa soebandono sebagai artis idolaku..
    yang tegar ya??

    ReplyDelete
  6. Ini cerita tentang Luqman dan anaknya, yang mungkin pernah kamu dengar.

    Suatu hari Luqman mengajak anaknya ke pasar untuk menjual keledainya. Ketika memasuki pasar, Luqman menaiki keledai, dan anaknya berjalan kaki. Orang-orang berkomentar, "Orang tua yang kejam, anaknya dibiarkan berjalan kaki, dianya enak-enak di atas keledai." Ia pun kemudian turun, dan gantian anaknya menaiki keledai. Mereka pun berjalan kembali. Namun, orang-orang berkomentar lagi, "Anak tidak berbudi! Ayahnya disuruh berjalan, dianya enak-enakan naik keledai."


    Luqman kemudian naik keledai bersama-sama anaknya. Namun orang-orang kembali mencibir, "Benar-benar tak berperasaan. Keledai begitu kecil dinaiki berdua." Akhirnya Luqman dan anaknya turun dan berjalan menuntun keledai. Selesai masalah? Ternyata tidak. Orang-orang masih saja mencibir, "Ini dia yang namanya bodoh. Punya keledai, tapi tidak dinaiki."

    Moral of the story: Begitulah manusia. Kita nggak pernah akan bisa memuaskan semua orang. So, bismillah, just do your best, and let God take care of the rest. Save your time and energy to do the things that are much more important.



    Cheers,
    Iman

    ReplyDelete
  7. Cha,

    The comment above mine (by Iman) really says it all. My heart goes out to you. I wouldn't have to tell you to be strong because apparently...you already are. If you're having a hard time again, you know that I'm here. Just reach out and call my name. Ok?

    -Ghi

    ReplyDelete
  8. Samaada kita perasan atau tidak, kita hidup di dunia ni semuanya terbahagi kepada DUA(2); ada siang ada malam, ada terang ada gelap, ada pasang ada surut, utara selatan, timur barat, atas bawah, kiri kanan..
    Begitu juga dengan kehidupan diri, hati & jiwa seseorang manusia; ada baik ada jahat, ada kuat ada lemah, ada bijak ada bodoh, senang susah, kaya miskin..
    Kerna itu laa Allah swt telah mengurniakan manusia sebuah AKAL untuk membolehkan kita memilih kehidupan bagaimana yg kita inginkan; dan sekeping HATI utk kita merasai nikmat yang diberikan olehNya!
    Kalau akal & hati itu digunakan dengan betul, kita akan jadi seorang manusia yg sempurna & baik di sisiNya, tetapi kalau tlah disalahgunakan seperti org yg menganiaya icha itu?! >:/
    Hmmh semoga icha tabah, sabar & tenang menghadapi cobaan hidup seperti itu k..Sebagai hambaNya, kita berdoa laa kepada Allah semoga diberi kekuatan utk menjalani kehidupan di dunia yg penuh dugaan ini..
    Segala perbuatan baik yg kita lakukan akan diberi balasan yg lebih baik oleh Allah swt, itu janjiNya! Walaupun mungkin tidak di dunia kita terima tapi di akhirat sudah pasti..InsyaAllah.. :)
    I'm as a Malaysian, very disapppointed & ashamed what my people have done to you icha..But whatever is it life must be go on! I know u r strong to face sumkind like this thing..Pedulik kan aja itu semua! I'll alwayz support & pray 4 u and hope u will be success oneday okay.. ^_^

    ReplyDelete
  9. Wah,icha hebat

    Anyway,aku tua 3 hari dr kamu =) keep ur smiles

    ReplyDelete
  10. Sabar, Cha. Orang tu pendengki yang ngiri aja ma icha yang mulai populer di Malaysia and dia tuh cemburu denger gosip ttn icha ma pasha.

    Dikutip dari La Tahzan, DR. ‘Aidh al-Qarni. Jika Tuhan yang Maha Mulia acapkali mendapat cacian dan cercaan dari orang pandir tak berakal, maka apalagi kita manusia yang selalu terpeleset dan salah.
    Kritikan dan cercaan pada dasarnya pertanda bahwa kita memiliki harga dan derajat. Sebab, orang yang tak berharga tak akan pernah menjadi sasaran pendengki.
    Kita tidak bisa membungkam mulut orang pendengki yang melecehkan kehormatan kita. Tetapi, Tuhan menyayangi orang yang sabar, melakukan kebaikan, memperbaiki akhlak, dan meluruskan setiap kesalahan.

    Seorang penyair berkata:
    Aku berjumpa dengan orang bodoh yang mencelaku
    kutinggalkan ia seraya berkata: “Aku tidak peduli!”

    Jadi, tak perlu bersedih, Cha!

    ReplyDelete
  11. Harap si pelakunya dapat menginsafi dirinya sendiri..orang seperti ini adalah contoh orang yang menang didunia tapi kalah diakhirat.. "Semakin seseorang memburukkan orang lain, sebenarnya smkin byk kelemahan diri sendiri yg t'lihat."

    kesabaran memang perlu kuat, mungkin itulah ujian keimanan. Redha, tabah dan ikhlas adalah kuasa yang mampu memberi ketenangan dalam menghadapi fitnah. Allah tidak pernah tidur dan leka. Yakin Dia melihat segalanya sudah memberi kekuatan hati untuk terus tabah.
    Jadi, kuatkan semangatmu, Icha!

    ReplyDelete
  12. sabar ya...mungkin ini cbaan bgi icha..
    but u have strong icha..! :)

    ReplyDelete
  13. My goodness.. A video, which we disparaged in a way to edit your photos, then the equated with animals? Stay patient Cha ..Can you show me that video? I'll try to find the user who made that video..

    ReplyDelete
  14. salutt atas kesabaran icha, coz ga semua orang bisa setegar icha.

    ReplyDelete
  15. waaaaaaaaah kak Icha goodlaaah buat kakak:))

    ReplyDelete
  16. cha..ka' ratih dah liat videonya..

    Sabar cha..itu orang gak punya kerjaan,dia iri aj sama kamu yg punya wajah cantik..

    gak usah d pikirin yah..emang sih manusiawi klo kesel cha..ka'ratih juga Kesel bgt liatnya..tp y udah lah yah gak usah d pusingin..

    ttp do the best ya sayang!! :) ica cantik kok..hehe..

    ReplyDelete
  17. Yg sabar ya iCha...tuhan mempunyai rencana yg baik terhadap hambanya yg baek...iCha kan uda puasa penuh dari awal...dan pd 10 hr pertama tuhan menurunkan rahmatnya,yakinlah janji alloh SWT psti nyata....ingat iCha yg selama ini aq liat is slalu melihat suatu masalah dr byk sisi dan aq tau iCha selalu memillih sisi yg baik.

    psn aq yach te2p sabar dan ihlas krn itu kunci kesuksesan hidup,oy satu lagi Sayangi orang yg membenci kita dan jgn pernah membenci orang yg sayang sama kita.

    gd luck iCha,te2p smangat dan ingt pesn mama yg di FB tempo hari.

    ReplyDelete
  18. sayang aku akan selalu ada di belakang kamu pasti...
    tetep lakukan yang terbaik..tapilain kali coba bilang ya ma tama...
    love u..

    ReplyDelete
  19. Icha anakku sayang... Mama sangat mengerti dan bisa memahami perasaan Icha saat melihat video itu.. Bahkan rasa sakit hati, kesel dan marah mama lebih dr Icha.. Bagaimanapun mama tidak pernah rela kalau ada yg berbuat jahat sama anaknya..

    Icha sayang, inget kan mama pernah bilang "semakin kita berada diatas, cobaan kita akan semakin besar".. Tp Icha tidak usah marah atau pun dendam ya.. Kita pasrahkan semuanya kpd Tuhan.. Krn Tuhan lah yg tahu segalanya.. Dan jika ada org yg tdk menghargai kita, memfitnah dan mendzolimi kita, kita serahkan saja semuanya sm Allah.. Mgkn Tuhan akan mengangkat derajat Icha lebih tinggi jika Icha bisa melewati ini semua...amin..
    Biar saja org itu sirik sm Icha.. Krn dia tidak mampu berbuat baik seperti yg Icha lakukan..

    Pesan mama, "tetaplah jd Icha spt yg sekarang.. Icha yg bisa menghargai org lain dan Icha yg punya semangat tinggi dan melakukan yg terbaik.. baik untuk diri sendiri, org lain dan baik dimata Tuhan".. Kan spt motto Icha 'Hadapi dengan senyuman'... :)

    Doa mama, daddy, mas Nanda dan Ninis selalu menyertai Icha...
    We love you anakku....

    ReplyDelete
  20. Untuk semuanya, thank you for your support :)maaf ga bisa satu2 karena yang Icha ingin ucapkan hanyalah terima kasih..

    @ Mama: Iya ma, makasih banyak yaa selalu ngedukung Icha.. :) Iya, Icha akan selalu inget ma..... I love you too Mama... Ninis, Daddy dan Mas Nanda, makasih banyak yaaa semuanyaaa......

    Muachh..... :):) Doain Icha yaa supaya lancar disiniii

    ReplyDelete
  21. Semoga semakin bijak ya...tetap semangat yah..gud luck..
    "Hidup bukanlah tentang menemukan dirimu sendiri. Hidup adalah tentang menciptakan dirimu sendiri." George Bernard Shaw Penerima Nobel Sastra (1925) asal Irlandia



    salam, ^_^

    ReplyDelete
  22. sayang sekali, oknum tertentu selalu memanfaatkan situasi yg merugikan org lain [public figure] demi semata² satu tujuan mereka.. *tragis*
    hmmmm...

    ReplyDelete
  23. Wahh ..
    Salud bgd ma Ka Icha !!
    Seorang public figure yang baik, pinter, dan ga sombong .
    Pantes aja banyak yg ngiri.
    Biarkanlah MEREKA menunjukkan kecemburuannya dengan cara mereka, k .

    Allah Maha Mengetahui segala hal yang ga kita ketahui.
    Inilah tantangan yang harus kk hadapin yg semoga buat kk lebih kuat .

    Never give up yuhh , Ka Icha !


    by : Dila, your fans in Lhokseumawe
    :)

    ReplyDelete
  24. Just remember that there are many, many more unlucky people out there. Keep the faith

    ReplyDelete
  25. Ay,,JANGAN LUPA.. DIBALIK SEMUA ITU TUAN SUDAH MERENCANAKAN SESUATU, JADI HADAPI DENGAN SENYUMAN.. HEHEHE

    Love U so Much Honey...
    aku ga akan ninggalin kamu yank.. hehehe

    ReplyDelete
  26. huhfh,, sulitnya jadi orang terkenal.. hehe..

    yang kuat cha!

    oiya salam kenal!

    ReplyDelete
  27. opik...
    cinta abu n laura...
    hehehehe im zazuwan,malaysian..
    now futher stduying in university melbourne
    hw r u there?

    ReplyDelete
  28. allah lebih tw pa yg da pda dri hamba'e,,,serahin smw'e pda yg maha kuasa,,,
    inilah ujian cha,,,don't fall
    allah jg brjanjin d alqur'an,,,

    "sesungguhnya segala perbuatan pasti da balasannya",,,

    ReplyDelete
  29. Hye alyssa soebandono..
    saya peminat kamu dari Malaysia..
    saya minat sama lakonan kamu..
    hit me back oke..

    ReplyDelete
  30. hay, kak ica lam knal...
    yang sabar ya,mungkin cobaan buat kak. yang penting sekarang kak ngelakuin sesuatu yg terbaik buat ka icah & keluarga

    ReplyDelete
  31. Yup, manusia itu membuat kesalahan. Dan kamu telah melihat kelakuan orang-orang yang membenci kamu dengan positif. Saya harap saya boleh melihat kebencian orang lain seperti kamu. =D

    ReplyDelete
  32. Well yeah, I guess you said it yourself (:.

    Since you were (or still is? Idk, haven't been following Indo celeb gossip news lately) a public figure, it is of no wonder you were being treated that way.

    Esp. in Asia where people don't really respect celebrity's privacy. Ofc, Korea sometimes have it worse.

    ReplyDelete
  33. ass icha....salam kenal ya dari aku,,,aku saluuuutttt bgt sama km cha, km baru umur 17th udah bisa berpikiran dewasa dalam menanggapi semua hal, yupsss Allah maha mengetahui cha, biarin aja lah cha orang itu mau bikin apa aja ttg km, yang pasti itu akan semakin menanbah pahala km di mata Allah, jika mereka menjelek2an kamu cha,,,yang sabar ya....
    salam kenal: lathifa....

    ReplyDelete
  34. salam kenal mba icha..."anjing menggongong kafilah berlalu"...videonya mengonggong ichanya berlalu..he,,he (maap terlalu dipaksain)

    ReplyDelete
  35. Orang sering iri terhadap sesuatu yang kita punya. bersabar menerima cobaan adalah sesuatu yang mutlak harus dilakukan. Apalagi bersabar dengan orang-orang yang iri terhadap diri kita. Kerja Keras Adalah Energi Kita dari apa yang kita usahakan, jangan sampai hal itu membuat kita takut untuk melangkah lagi.

    Terus melangkah!!! :)

    ReplyDelete
  36. Yang sabar ya ca.. Jadi selb itu gampang-gampang susah. Kadang ada orang yang ga suka dengan posisi kita saat itu dan ada jg yang seneng. Justru disaat ini kita harus buktikan kepada org yang gak suka kita. Bahwa kita bisa tetep bangkit disaat kita dilecehkan dan dihina. Disitu kekuatan hati kita diuji oleh Tuhan.

    Kesabaran itu kunci dari segalanya :)
    God Bless U yaa ;)

    Anyway, i like ur posting "Cinta dan Pilihan"

    ReplyDelete