28.2.11

Visit Bath, Somerset



Welcome to Bath Spa.

Yes, Kota yang satu ini terkenal dengan Roman Baths nya, dan juga sang penulis jaman dahulu, Jane Austen. Sebenernya semua berasal dari obrolan iseng-iseng sama temen-temen. Kita lagi bahas satu novel yang berjudul Pride and Prejudice karya Jane Austen. Kalian mungkin sebagian ada yang udah nonton filmnya juga. Nah, dari obrolan itu tiba-tiba Ella ada ide untuk mengunjungi kota Bath, dimana Jane Austen sempat tinggal dan mendapatkan inspirasi untuk karya-karya, walaupun katanya dia tidak terlalu suka dengan kota itu karena dia lebih memilih untuk tinggal di kota kelahirannya. Dan awalnya, saya pikir itu hanya iseng-iseng saja, tapi ternyata teman-teman semua pada serius dan saya dapat message dari Ella kalau dia sudah membelikan saya tiket. Kita akan melakukan A Day Trip, jadi pulang pergi.

Hari itu, kita berangkat jam 7.03 pagi kereta nya. Tapi sayang, saya ketinggalan kereta. Bukan karena telat bangun. Jadi gini, saya sudah tiba di Brighton Station jam 7 kurang 20 menit, jadi setidaknya ada waktu untuk tarik nafas sebentar. Nah, kereta nya biasanya dateng 10 menit sebelum keberangkatan.. Tiba-tiba, lagi nunggu, perut saya sakit. Saya coba tahan dengan maksud nanti biar di dalam kereta aja karena tanggung banget waktunya. Tapi ternyata perut saya tidak berkompromi dengan saya. Dan mau ga mau saya akhirnya ke kamar mandi di station itu. Selama itu, saya kepikiran karena takut telat, tapi masih sakit perut. Dan... handphone saya bunyi. Rosaline telp. Kereta sudah berangkat, dan karena teman-teman saya sudah di dalam kereta semua, mereka ga bisa turun lagi. Jadilah saya ditinggal..

Akhirnya, saya memutuskan naik kereta setelahnya yang dimana masih jam 8.03. Kali ini perut saya sudah berkompromi. Jadilah saya menyusul teman-teman saya seorang diri.. :D

Jam 12an saya tiba di Bath Spa. Hal pertama yang saya lakukan? Tentu mengabadikan tulisan "Welcome to Bath Spa". Dan setelah itu akhirnya saya ketemu sama Ella, Shafi, Emma, Rosaline, dan juga Sunny. FYI, Shafi juga orang Indonesia, yang kebetulan ga sengaja kenal di Sussex :)



Setelah saya ketemu dengan teman-teman saya, tujuan pertama kita adalah The Pump Room. Disitu kita menghabiskan waktu hampir 1,5-2 jam karena memang besar dan banyak yang harus dilihat. Kita juga diberikan audio untuk panduan sejarahnya. Dan inilah hasil foto-foto selama di Roman Baths. Akan panjang banget jadinya kalau dijelasin apa aja yang ada di dalam nya :) Dan teman saya pun iseng, tandanya ditulis "Do not touch the water". Tapi apa? Rosaline difoto dengan tanda itu di sebelahnya dan dia nyentuh airnya :p Naughty Rossie.






This is the Roman Baths. Bagus banget :)


The best street performer I have ever seen...!


Left to right: Sunny, Emma, Ella, Alyssa, Rosaline, Shafi


Next Destination: Art Museum. Disitu banyak banget karya-karya seniman terkenal jaman dahulu. Dan disitu saya yang menghabiskan waktu paling lama untuk lihat-lihat. Dan, ada salah satu sisi dimana kita semua boleh gambar di kertas kecil dan apa yang kita pikirin setelah keliling melihat-lihat. Menyenangkan :D Setelah dari Art Museum, kita semua langsung ke Fashion Museum. Disini kita ngeliat kostum-kostum mostly untuk wanita, jadi semua baju-baju dari jaman dulu dan sesuai dengan acaranya apa. Bentuk nya aneh-aneh, tapi unik. Dan, yang seru, mereka ada tempat dimana pengunjung bisa cobain korset dan kerangka untuk dress nya (Berat banget!). Dan inilah keisengan kita. Haha. Emma pun jadi model mendadak saat itu. Dia satu-satunya yang berhasil berdandan ladylike.



Ini saya iseng aja foto pemandangan sekitar saat kita jalan.


Setelah itu, kita semua mengunjungi Jane Austen's Gallery. Dimana kita diceritakan tentang Austen Family dan juga kehidupan Jane Austen. Semua orang tergila-gila dengan Bath, tapi Jane tidak suka dengan Bath karena merasa lebih senang di kota kelahirannya dulu. Setelah kita keliling-keliling, ada satu bagian dimana saya rasa itu lucu untuk dipelajari: The Language of the Fan. Kita semua tahu, kalau wanita jama dahulu selalu memegan kipas kemana-mana. Dan ternyata, memang ada artinya. Jadi buat siapapun yang mau belajar, ini fotonya. ;p



Ini gedung yang sangat indah dan namanya The Royal Crescent.



Dan setelah kita non stop jalam selama 6 jam lebih, jam 7 kurang kita memutuskan untuk makan di Indian Restaurant. Tapi ternyata, banyak yang ga buka, akhirnya kita makan di Thai Restaurant. Setelah kenyang, we're dying to find a coffee shop karena kita semua butuh itu. Saking cape nya mungkin. Ada kejadian, begitu kita keluar dari Thai Restaurant, ternyata persis sebelahnya adalah Indian Restaurant, and it is open..... Jadilah kita nyesel semuanya dan menertawakan kebodohan kita.

Dan.. akhirnya, sepanjang perjalanan di kereta kita semua lelah. Sebelumnya, kita semua cerita-cerita dan berbagi kejadian satu sama lain. Mulai dari kecil sampai sekarang. Dan begitu setengah jam, ternyata udah pada ga kuat dan memutuskan untuk tidur.Tapi saya ga bisa tidur, jadilah keisengan saya muncul. Sayang, hanya foto Sunny dan Rosaline yang saya dapat saat tidur..



Dan.. Berakhirlah trip to Bath yang menyenangkan itu. Disini, saya senang, karena kita semua berasal dari culture yang berbeda-beda, tapi kita menghargai satu sama lain. Mereka menunggu ketika Saya sholat, dan juga menghargai semua perbedaan. Emma dan Sunny dari Massachusetts, Rosaline dari Canada, dan Ella dari Amsterdam. Yang lain tadinya juga mau ikut, tapi karena ada urusan sendiri-sendiri, jadi pada ga bisa. Namun, saya senang karena saya banyak belajar dari semua individu yang berbeda-beda :)

Enjoy!

Love,
AS

67 comments:

  1. if this is FB, I would choose >> Like this! :)

    ReplyDelete
  2. Menyenangkan, ada temen jalan yang pass dan bs menghargai perbedaan. Dan tempatnya amazing plus historical banget yah? Jadi ngiler heheh

    ReplyDelete
  3. ica keren bgttt..,, jadi mau ke sanaa

    ReplyDelete
  4. ternyata Icha bakat jadi travel journalist :)

    ReplyDelete
  5. Well done Icha ! :)

    Syukur2 Icha bisa ngasih juga mereka petunjuk kepada Islam.. Saudara adalah segalanya.. Semoga :)

    ReplyDelete
  6. Nice trip.
    Perjalanan yg melelahlan tp juga menyenangkan apalagi msng2 individu msh bisa menjaga culture dan keyakinan msng2
    .thumbs for iCha and friend's

    ReplyDelete
  7. Waaaaaaaaaaaaaaaaahhh.... Bikin ngilerrrrr,,,,
    Saya ikut seneng bacanya :)

    ReplyDelete
  8. wah,,keren ya kotanya..
    jadi pengen kesana juga..^__^
    bersyukur juga dapet temen yang saling menghargai dan icha juga bisa mengajarkan tentang islam kepada mereka

    ReplyDelete
  9. hai...salam pekenalan AS....
    nice trip..saya fans kamu dari malaysia....
    suka tonton kejoran & bintang yang sedang ditayangkan di Malaysia...

    ReplyDelete
  10. hi icha
    like the way you are..
    suka banget kamu dengan baim dalam kejora dan bintang..
    icha - beauty and brain.. i liikkeeee...

    ReplyDelete
  11. awesome !

    salam persahabatan Alyssa :)

    ReplyDelete
  12. seems you're really enjoy there!
    keep on writing icha:)

    ReplyDelete
  13. Cha Sayang,
    Petualangan mu memuka cakrawala baru kamu, Selamat.

    Semua teman kamu baik
    tapi tetap waspada ya sayang
    bukan karena mereka mungkin jahat/mempengaruhi
    tapi karena rosaline menyentuh hal yang tidak boleh atau hal lancang ,bagaimana bila selain rosaline, saya cuma takut masalahnya kena kepada kamu.naudzu min dzalik, tapi tetap waspada ya.
    aku selalu berdoa kamu baik-baik sayang, selalu ibadah ya.

    salam sayang untukmu selalu
    the_kreitz@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. rancak bana,, jadi nio,,
    eh iya,, IDEM sama SANDY== Syukur2 Icha bisa ngasih juga mereka petunjuk kepada Islam.. Saudara adalah segalanya.. Semoga :)===

    ReplyDelete
  15. asiikk nii bisa tau Bath yg sekarang.. gak cuma lewat pride and prejudice..^^ thx ichaa... lam kenal smwa ^^

    ReplyDelete
  16. ^_^ keenn banget yawhh,.cha..
    nice post

    ReplyDelete
  17. Ayah saya pernah mampir ke sini nih, walaupun cuma bentar banget, tapi sempet dapet oleh2nya *heleh, dibahas* :p

    semoga suatu saat bisa ke sana *crossing fingers*

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, anak tidak lupa untuk solat walaupun dalam musafir. Moga dikekalkan sampai bila-bila. Amin.

    ReplyDelete
  19. [^.^] Alhamdulillah..
    Icha yang ma**s..tambah pinter juga..
    Mudah2an kita bisa lebih banyak dapat manfa'at dari share2 ilmu Icha tentunya.. Lanjutkan ! :)

    ReplyDelete
  20. Salam kenal buat Icha juga yach ! Kita makin kagum sama Icha. Semoga proses belajar2nya Alloh kasih kemudahan semuanya dan berhasil, Amiin.

    ReplyDelete
  21. asiiik yhaaa,,, kapan nih bisa ke situ...
    nice story and nice pic

    ReplyDelete
  22. Akhirnya mbak icha update juga

    ReplyDelete
  23. cha, ngomentnya aku g nyambg ni, g papa yak,,, eh sintron LCN at RCTI, kuk cepat slesai yak? blum habis tu kngenya liat kmu duet TESSAR,, moga lain waktu,, da ksempatan bareng lagi ya,,, cucok banget kmu berdua ma dia,,,, hehe :p
    oiya, good luck y dik.

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen kesana deh..
    Blog yang keren :')

    ReplyDelete
  25. jadi pengen ke sana..
    tapi kapan yah...???
    hahaha... :D

    ReplyDelete
  26. asyik banggeet tuh..
    ikuuuuuuuut dooong

    ReplyDelete
  27. wah icha banyak pengalamannya yaa
    jadi tambah salut aja ma icha

    ReplyDelete
  28. icha update blog..:)
    udah lama ga denger kbr dari icha...
    it's wonderful tripe,and now I know Romans Baths from you(icha)

    ReplyDelete
  29. Nice share, Icha :D Kamu punya bakat menulis, aku sampai nggak bosan bacanya. Btw, bisa aku tahu cara kontak kamu? Aku lagi otw penerbitan buku ketiga&tertarik untuk ajak kamu gabung :) Kalau berminat, tolong tinggalkan pesan di namaku_indiankecil@yahoo.com, ya. Thanks :)

    ReplyDelete
  30. waaahhh jadi pgn ke UK nyusul icha nich :D

    ReplyDelete
  31. nice blog
    foto2 nya kurang banyak nih

    ReplyDelete
  32. icha teeteeup rendah hati yaa dan nggak sombong

    ReplyDelete
  33. I WILL ALWAYS LOVE YOU

    ReplyDelete
  34. kak icha..best nye pegi tarvel..
    all the best ya kak =)

    ReplyDelete
  35. Ya ampun keren banget :thumbup kamu ada bakat jadi fotografer tuh :D
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  36. Ini Bukan Spamm !!
    Blog Walking..
    Visit Back Please..

    Hacker Blitar Sejati™..
    NEO DEEVRO™..
    BACEMGAKURE™..
    DEEVRO™ IS CRIME !!
    BLITAR™ WAE..

    tHnKz 4 Visit.. ^_^
    salam Damai dari Blogger BLITAR..

    Untuk Tukar LINK silahkan Klik Link INI..

    ReplyDelete
  37. Interesting. I might go and visit one day.
    Ta' for sharing your story.

    ris

    ReplyDelete
  38. gambar2 nya bersih,bening,warnanya tajam,bagus nih kameranya

    ReplyDelete
  39. here i am ABH frm malaysia.crazy wth ur KDB.anyway can't get enough to hear ur lovely story there icha.....:)plz follow me @ s_arin.

    ReplyDelete
  40. GOOD.....GOOD.....GOOD.....

    ReplyDelete
  41. kak icha kerennnnnnnnnn..........
    wlaupun dah tggl di brington tetep rajin sholat...
    luph kk icha

    ReplyDelete
  42. ia mantep bgt walo lagi trip jg sholat. *acungin jempol*

    ReplyDelete
  43. bagus icha walaupun di luar negara tapi still x tggl sholat ya..May Allah bless u..

    ReplyDelete
  44. Alhamdullilah..icha masih diberikan keleluasaan rejeki untuk jalan2 diluar negeri..sukses terus ya dear..:)

    ReplyDelete
  45. Di sana pariwisatanya nyaman banget ya kayanya... gak kaya di Indonesia *stop nulis lanjutannya*

    ReplyDelete
  46. wah,asik banget jalan2..buat icha moga sukses selalu ya.salam kenal,kalau ada waktu mampir keblog ane ya

    ReplyDelete
  47. Dear icha, I am your fan from Malaysia.. aku suka bangat tengok kamu dan baim Wong dalam KDB walaupun ceritanya merimaskan aku.. lantas aku tengok you tube dan aku jumpa cerita kalian lagi .. Lagu Cinta Nirmala... aduh aku sedih sekali melihat episod akhirnya.. (aku tengok episod akhir saja) ..dan aku boleh merasa kesedihannya sampai hari ini.. kalau boleh aku nak kamu dan baim berpacaran.. boleh enggak.. success selalu sama kamu.. good luck!

    ReplyDelete
  48. Dear Icha.. alhamdullillah.. as a muslim you never forget to pray.. Your experienced remind me the day I was a foreign student in US before.. it was a holoween night..and we would like to go to have fun at the night club called Tasmania (in st. Louis Mo) , but before we proceeds ..my korean friends and my american roomates need to wait for maghrib so that I can have maghrib praying.. and joined them happily.. that's cool ha! .. tapi disuruhnya aku pakai telekong sebagai costume untuk kesana.. tapiaku tak mau.. good decision.. masakan aku mahu mempersendakan kelengkapan solat ku.. anyway.. aku mahu kau berpacaran dengan baim Wong.. boleh enggak..?

    ReplyDelete
  49. don't forget to visit Victoria and Albert Museum,cha!

    ReplyDelete
  50. wow !! hye kak Alyssa .. saya dari Malaysia . I'm a very BIG FANS of yours :D u r so awesome and preety ..

    Hye from -Khairunnisa

    ReplyDelete
  51. helo icha..kmu tu baik banget ya..karena kmu mau aje menceritakan gi mana perjalanan hidup kmu di melbourne..jdi gue senang banget dapat kenal ama icha lebih details..kapan2 icha tu kabarin tentang icha ya..

    ReplyDelete
  52. nice bgt icha..!!
    jadi pengen kesana..:D

    ReplyDelete
  53. sukses ya buat icha..^^
    kapan muncul lagi di TV?(kangen)
    lagi padat banget ya jadwalnya?

    ReplyDelete
  54. soul art-nya kak icha dapet banget :)

    ReplyDelete
  55. mahu ke tempat yang paling indah di dunia ni dik... tanyalah hatimu...pasti kamu kan tenang...semoga berbahagia slalu...[NADI]...

    ReplyDelete