2.9.10

Kerja sama dan kekompakkan (Part 2)


Setelah 2 bulan lebih saya tidak nulis dan update blog ini, sekarang saatnya untuk update lagi. Maaf kalau sempat menelantarkan blog ini, semua dikarenakan banyak hal yang harus diurus yang memang membuat saya tidak memikirkan untuk menyempatkan waktu menulis di blog ini :) Banyak sekali permintaan untuk menulis tentang kejadian-kejadian ataupun acara yang melibatkan saya di dalamnya, seperti Soundsekerta Awards 2010. Dan kali ini, saya akan lebih bercerita tidak hanya fokus ke acaranya saja. Tapi pelajaran yang saya dapatkan selama menjadi bagian dari panitia Soundsekerta Awards 2010 (SS'10) dan bagaimana semuanya bisa teratasi.

Untuk menyelenggarakan sebuah acara, selalu ada proses dimana saat proses tersebut banyak sekali masalah-masalah yang datang dari setiap divisi. Tapi disinilah saya banyak belajar tentang arti sebuah kerja sama dan kekompakkan sebuah panitia atau group..

1 bulan pertama, 2 bulan, Alhamdulillah kita tidak ada masalah sama sekali. Divisi Sponsorship bekerja sama untuk mencari sponsor sebanyak-banyaknya, divisi publikasi juga bekerja untuk mulai mempublikasikan acara SS'10, divisi artis juga sudah mulai memikirkan siapa saja bintang tamunya dan juga bagaimana untuk tanda tandan kontrak dan segala macamnya, divisi acara juga memikirkan tempat dan kepentingan lainnya, dan begitu juga dengan divisi- divisi yang lainnya. Kita semua, mengerjakan tugasnya masing-masing, dan dalam hal ini yang perlu diingat adalah kedisplinan dalam bekerja. Kita semua sadar kalau kita mmempunyai tanggung jawab yang besar, kalau kita selalu memakai alasan "gak ada waktu", itu bukan karena waktu, tetapi karena diri kita sendiri yang tidak bisa membangi dan mengatur jadwal dengan baik sehingga semuanya out of control.

Sejauh ini tidak ada masalah.. Kita pun mengikuti semua prosedurnya tanpa ada yang melenceng sedikitpun, termasuk soal Visa para pengisi acara. Berdasarkan pengalaman dari panitia-panitia sebelumnya, kita pun mengikuti prosedur yang mereka lakukan. Namun ternyata, disinilah permasalahan muncul..

Setelah Winter break, dan memasuki semester baru kuliah, panitia dibuat panik oleh Visa. 3 minggu sebelum acara, kita semua mulai panik dan deg-degan. Apakah Visa ini akan keluar atau tidak? Kita tidak tahu. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun untuk masalah Visa, itu semua diluar kuasa panitia karena orang Imigrasi lah yang berhak menentukan apakah Visa ini bisa dikeluarkan atau tidak. Akhirnya, 2 minggu sebelum acara, kita selalu ada meeting yang membuat semua panitia harus pulang larut malam. Kita sibuk sana sini, kita juga memberikan update kepada semua bintang tamunya tentang apa yang terjadi..

Akhirnya tepat 1 minggu sebelum acara, Visa belum juga keluar.. Dan 3 orang dari panitia memutuskan untuk pergi ke Sydney dan bertemu langsung dengan orang imigrasi yang mengurus Visa acara kita. Pergi pagi, pulang malam, dan malam itu juga ada diadakan meeting dadakan karena sangat penting. Dan hasilnya, Visa tetap tidak dikeluarkan. Tapi karena hal ini pula kita jadi mengetahui salah satu alasan kenapa Visa tidak dikeluarkan. Namun kita semua tetap positive thinking kalau Visa akan keluar karena mereka semua harus berangkat pada tanggal 4 Agustus 2010.

Apa yang terjadi pada tanggal 4 Agustus 2010? Visa tidak juga keluar. Panik? Jelas, yang cewe banyak yang nangis, yang cowo juga pusing. Kita semua stress. Kita coba untuk push dari sana sini, kita benar-benar berusaha semaksimal mungkin, tapi ternyata Visa tidak juga keluar. Dan masalah tidak hanya disitu saja, tapi juga dengan tiket pesawat, akhirnya kita harus bolak-balik ke kantor Garuda Indonesia (sponsor) untuk merubah jadwal. Dan hal ini juga terkait dengan LO, dimana mereka pun harus merubah seluruh jadwal dan akomodasi untuk pengisi acara. Dan konklusi dari pada meeting tanggal 4 adalah, tanggal 5 Agustus 2010 Visa untuk setidaknya pengisi acara (tidak termasuk Kru-nya mereka) itu harus keluar. Besok paginya belum dapat kabar juga, dan kita tetap optimis Visa akan keluar. Rasa putus asa jelas ada di benak kita semua, tapi ternyata keajaiban datang tepat pukul 3 sore waktu Melbourne. Visa para pengisi acara (tidak termasuk kru) keluar dan mereka akan berangkat malam itu juga ke Melbourne. Setidaknya kita senang karena dengan berangkatnya mereka ke Melbourne, acara Soundsekerta 2010 tetap dilaksanakan.

Setelah mereka semua sampai di Melbourne, kita dikejutkan oleh satu keputusan yang ternyata Visa untuk kru tidak dikeluarkan sama sekali. Akhirnya, dengan segala keadaan dan keputusan, dan profesionalisme dari pengisi acara, mereka akan tetap main TANPA seorang kru sedikitpun. Setelah semua perbincangan dan negosiasi, akhirnya keputusan akhir adalah SS'10 akan tetap berjalan.

Tepat tanggal 8 Agustus 2010. Acara berlangsung sangat meriah. Antusias dari penonton yang begitu besar membuat seluruh panitia pun juga ga nyangka kalau acara akan berjalan dengan lancar dan sukses. Dan disinilah, perasaan semua jadi satu. Haru, bangga, sedih, senang, semuanya ada.. Saat menyaksikan semuanya, seakan beban yang selama ini ada di dalam pikiran kita terlupakan begitu saja, kita semua ikut bernyanyi dan bersenang.. Dan dengan berakhirnya acara SS'10, berakhir pula segala kepanikan dan kesibukkan yang sudah dilakukan selama ini... What a big relief... :')

Begitulah gambaran besar perjalanan Panitia SS'10. Dan saya pun belajar, kalau kerjasama dalam sebuah kelompok itu sangat penting. Satu hal yang banyak sekali sering terjadi. Manusia kadang selalu berpikir kalau mereka tidak perlu mengerjakan tugas yang bukan bagian mereka. Itu adalah pemikiran yang sangat salah. Justru, ketika kita tahu kalau divisi yang bukan kita kerjakan membutuhkan bantuan, selama kita bisa, kita ulurkan tangan kita untuk membantu. Karena kita tidak hanya membantu divisi tersebut, tetapi kita juga ikut membantu seluruh panitia untuk kelancaran acara tersebut. Ketika sebuah kerjasama yang kompak terjadi, proses tersebut yang membuat kita belajar, bahwa manusia semuanya butuh pertolongan. Kalau fondasi kita kuat, dan tetap optimis, kita akan dibukakan jalan oleh-Nya untuk tetap melaksanakan kegiatan tersebut, walaupun dengan cara yang tidak kita ketahui.. Karena disinilah kita diuji, apakah kita kuat dan bisa menghadapi segala macam masalah yang terjadi atau kita memilih untuk putus asa dan mundur.. Dan proses perjalanan inilah yang akan selalu kita ingat sampai kapanpun.. Apapun yang terjadi, tetap menjadi suatu kelompok yang kuat.. Melewati segala macam permasalahan bersama-sama.. Yang pada akhirnya sangat membekas di hati.. Karena kita tau, kita semua memberikan yang terbaik untuk yang terbaik dan memaksimalkan segala sesuatunya

We are all in this together. One for all, all for one.. Suka duka harus dilewati bersama-sama.. :):)

Thank you untuk semua yang terlibat dalam acara Soundsekerta 2010 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.. Atas profesionalisme semuanya, kekompakkannya, pokoknya segala sesuatunya yang terbaik yang telah diberikan.. Thank you :)

All the best!

Love,
AS

34 comments:

  1. duwix ichana fairuz loverzSeptember 2, 2010 at 8:22 AM

    smua pkrjaan yg di lkukan dgn ikhlas insya allah mndptkan hsil yg baix, smgttttttttttttt truz my idol icha ^_^ ........

    ReplyDelete
  2. Ajib cha.. Semangat terus ya.. :)

    ReplyDelete
  3. lm ya br update blog lagee.. -_-
    salam sapa dan salam kangen dari teman2 ASL buat icha ...

    ReplyDelete
  4. apabila kita menginginkan sesuatu, maka segenap unsur alam semesta akan membantu untuk mewujudkannya (Melchizedek)

    ReplyDelete
  5. ahhhhhhh KEREN ICHAAAA CAEMMMM
    ^_^


    MAEN CIIE KE SITUS AKUUUUU
    SUKSES ICHAAAEM

    WWW.NINONURMADI.COM
    WWW.GAMEONLINE.WEB.ID
    SEMANGAT ICHAAAAAAAAAAAAAAAAEMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM
    ^_^

    ReplyDelete
  6. OYA ICHA ATU AGIII SEMANGAT YACHH OYA MAMPIR KE PUISI HATIKU YACH

    HTTP://WWW.NINONURMADI.COM

    ReplyDelete
  7. ADUH MAKSUD AKU
    WWW.NINONURMADI.BLOGSPOT.COM


    ^_^

    ReplyDelete
  8. Everyting we can do it, asalkan ada niatan dan DISIPLIN...

    Cayo icha..
    go a head

    ReplyDelete
  9. Hebattttt....
    perjuangan yang patut di tiru...eh"HARUS" di lanjutkan...kerja sama dan kekompakan adalah suatu keharusan dalam organisasi atau sebuah team.

    look to this sentence "Satu hal yang banyak sekali sering terjadi. Manusia kadang selalu berpikir kalau mereka tidak perlu mengerjakan tugas yang bukan bagian mereka. Itu adalah pemikiran yang sangat salah. Justru, ketika kita tahu kalau divisi yang bukan kita kerjakan membutuhkan bantuan, selama kita bisa, kita ulurkan tangan kita untuk membantu."
    sangat bgs kalimat itu.

    salut ma iCha...hebaattt.

    smangat terus ya iCha.
    gd luck forever

    ReplyDelete
  10. Icha...success terus yaa...kamu mank artis yg harus dicontohi..

    Salam dari malaysia...

    ReplyDelete
  11. ichaaa.... ikut tviexpress yuuukkk......... dpt fasilitas ok loh kyk dpt penginapan dhotel bintang 3/5 seluruh indonesia n internasional loh, diskon pnerbangan garuda utk domestik maupun internasional,ada bisnisnya menghasilkan ratusan juta rupiah,keanggotaan seumur hidup cuma dengan bayar member 2,6jt... join aj dgn sponsor aisia 564...(lbh lanjut buka website : www.tviexpress.com) sukses ya ichaa....

    ReplyDelete
  12. pokoknya icha hrs jadi artis yang hebat, penuh prestasi n merdekaaa.... ok cha???

    ReplyDelete
  13. sukses ya Alysa.. meski harus bolak balik jakarta autraly..heee SEMANGAT.. sempetin waktu dong mampir ke blog aq ya..

    ReplyDelete
  14. smart girl....LOve u..

    ReplyDelete
  15. tulisan nya menarik...
    tp kok kurang di update blog nya...
    pasti punya lebih dari satu blog yah....^_^

    ReplyDelete
  16. Soundsekerta awards?? Ada sheila on7 sama Ello perform ya??

    ReplyDelete
  17. amazing.. amazing.. amazing.. :):):)

    ReplyDelete
  18. Pesan Mbah Dukun: tetaplah Berjuang wahai kawan, berjuang alias nguber baju dan uang

    ReplyDelete
  19. aca aca fighting....

    ReplyDelete
  20. asli kamu punya semangat yang bagus, tapi lo tuh seperti pembuat sebuah pedang(otak) kalo diasah makin tajam bagus, tapi kalo ga punya pegangan/gagang(hati) tangan yang buat juga akan terluka...
    jaga pedang kamu, jgn sampe di ambil orang lain yang mempergunakan pedangnya salah...



    aku harap kamu akan kembali lagi...
    2236

    ReplyDelete
  21. Terbongkarnya Rahasia Sukses...!

    ReplyDelete
  22. http://nienpaper.co.cc/
    -----------------------
    therareblog ontheblock
    =======================
    http://nienpaper.co.cc/
    -----------------------

    ReplyDelete
  23. Tanggapan:
    1.masyarakat harus menanggapi fenomenal ini sebagai hal yang positif di mana masyarakat harus bisa mengintropeksi diri untuk lebih baik karena sudah diterangkan dalam materi ini bahwa kiamat sudah dekat
    2.masyarakat lebih mementingkan ilmu beragama nya dari pada hanya berdiam diri tanpa berusaha untuk berdoa

    ReplyDelete
  24. kau tak sepertu kau yang dulu

    ReplyDelete
  25. Nice...Nice..Nice

    Aku salut sama gambar, semangat, ilustrasi dan deskripsi tentang hidup dan kehidupan yang kau buat.

    Ilove all about you
    semoga hanya aku yang sebut itu ..hehe
    talenta seni mu bagus cha

    tapi semua pasti ada hambatan dan cobaan tapi semua harus tetap maju atas ketidak sukaan
    tapi pikirkan masih ada yang peduli padamu
    bukan desta pastinya, jujur aq gak suka desta
    smoga aku jadi pendampingmu..tapi itu allahuallam jg sih

    tapi aq suka semua yang kamu lakukan, karna kamu inspiratif ,dan imaginatif bagiku

    salam sayang

    the_kreitz@yahoo.com

    ReplyDelete
  26. sukses deh buat icha...
    dan tetaplah jadi wanita yang disayang orang! amin! ^_^

    ReplyDelete
  27. ichaa.. semangatt selalu yawhh... ^__^...

    salut tiap blog yang icha bikin

    ReplyDelete
  28. cerita nya biasa lah, apa nya yg hebat, msih bnyak cerita perjuangan dalam hidup ini yg lebih hebat dari yg kubaca ne, but knpa tak pernah terdengar, karenan jeritan mereka yg seolah tak terdengarkan,,

    ReplyDelete
  29. one more things i would like 2 say, jika ini acara amal dan kmu keep spirit sperti dlam ulasan di blog kmu ini, baru pantas aku ngucapain u are the best n i,m so proud of but, but this what u did is nothing will give a feedback 4 u in the judgeday . . .
    " while u have a capability, better 4 u to do somethings hith could help a people around u whos being sufferred on their life "

    ReplyDelete