8.3.10

What you make of your life is up to you

Suka ngerasa ga sih kalau kita itu selalu saja di sibukkan oleh berbagai hal yang dalam kehidupan kita? Namun terkadang banyak hal yang membuat kita jadi minder untuk melakukan hal yang seharusnya kita lakukan. Akhirnya memilih untuk mencari orang yang bisa diandalkan untuk membantu dalam memilih keputusan.

Setiap manusia pasti pernah merasakan satu titik dimana kita kehilangan rasa percaya diri kita; bahkan bisa dikatakan kita tidak percaya dengan kemampuan yang ada di dalam diri kita. Padahal sebenarnya, rasa percaya diri itu sangatlah penting untuk melakukan segala aktivitas. Tapi rasa keberanian diri itu akan muncul, ketika kita menumbuhkan rasa percaya dengan apa yang ada di dalam diri kita, yang mungkin orang lain pun tidak tahu apa itu. Karena kehidupan kita setiap manusia itu berbeda-beda jalannya. Mungkin bisa saja kita mempunyai satu tujuan yang sama, tetapi setiap manusia akan menempuh jalannya masing-masing. Baik itu jalan yang lurus, atau pun banyak rintangan. Karena semua tergantung kepada diri kita.

Life is filled with choices and it takes courage to make a decision, rather than just drift along. Some people feel that they can make a decision they need to canvass all their friends and loved for their opinions to ensure that they make the right decision. They mistakenly believe that calling on the support of others in this way ca be a sign of strength and wisdom.

Memang kita membutuhkan support dari orang-orang terdekat kita. Tetapi ada hal yang harus kita ingat: Calling on the support of others can be a sign of strength, but not when you are using it as a way of eliminating the fear of getting something wrong as a way of outsourcing your decision-making to others.

Setiap orang mempunyai mimpi dan membuat suatu realita kehidupan mereka masing-masing. Authorship of your life is one of your absolute rights; yet so often people deny that they have the ability to script the life they desire. Manusia sering kali mencari berbagai alasan atau cara untuk tidak melakukan sesuatu yang seharusnya mereka lakukan demi kebaikan mereka juga. Dan itu semua mereka lakukan karena banyak sekali diantara kita yang masih suka ketergantungan dengan orang lain.

Kita memang perlu bantuan dari orang lain. Karena kita disini, hidup bersama untuk saling tolong menolong. Dan kita juga memang perlu membutuhkan masukan dan opini dari orang-orang sehingga kita mempunyai banyak masukan dan referensi. Namun itu semua tidak cukup untuk kehidupan kita. Karena, satu hal yang terpenting adalah 'semua keputusan kembali kepada diri kita masing-masing'. Ibarat kata, kita adalah pemilik dari 'perusahaan kehidupan' itu sendiri.

Terkadang, ada saat dimana kita selalu dihadapi dalam beberapa pilihan. Memang, manusia sering merasa tidak puas. Kita ingin agar kita bisa mengambil semua pilihan yang disodorkan kepada kita. Atau mungkin ketika kita bertanya kepada orang, seringkali kita menjadi bimbang untuk mengambil sebuah keputusan. Itu adalah hal terberat dalam kehidupan kita. Tapi semuanya balik lagi sama diri kita, dimana kita harus memilih salah satu. Berat memang, namun disaat kita harus memilih, yakin bahwa pilihan yang kita pilih itu bukan karena paksaan atau pun juga dorongan dari masukan orang-orang. Tetapi itu semua murni karena memang kita yakin dengan pilihan kita tersebut. Apapun yang dikatakan orang, semuanya balik lagi kepada diri kita.

That is life. Tidak bisa semuanya yang kita inginkan tercapai. Tapi lihat dari sisi positive-nya, dengan adanya pilihan tersebut, kita menjadi semakin terbuka kalau kehidupan kita itu semua tergantung kepada diri kita sendiri. Dan satu hal yang harus diingat. Jangan pernah menyesali segala sesuatu keputusan yang sudah diambil. Kita menginginkan jalan tersebut, maka kita juga harus siap menerima apapun resiko yang harus kita jalani. Insya Allah, kalau kita percaya dengan diri kita dan selalu berdoa dan juga percaya kepada Allah SWT, kita akan menemukan jalan yang layak untuk kehidupan kita :) Karena hidup adalah perjalanan..

Our lives don't always turn out the way we planned. Tapi harus selalu ingat: There are no right or wrong decisions. As long as you knowingly, and consciously make a decision, it will always be the right one for you.

When you begin to live your life understanding that what you make of it is up to you, you are able to design it according to your authentic choices and desires.

Trust yourself. Jangan pernah kehilangan kekuatan yang ada di dalam diri kita. Karena ketika kamu sudah bisa merasakan bagaimana dan betapa pentingnya menumbuhkan power dalam kehidupan, kita akan mengetahui bahwa kekuatan terbesar dalam kehidupan kita itu semua berasalkan dari diri kita sendiri, bukan orang lain :)

We don't know what the future holds. We only know it's starting now; looking forward brings hope. It can cleanse past problems and worries. Be optimistic. Percaya kalau kita bisa. Jangan pernah putus asa.
What you make of your life is up to you... :):)

Love,
AS

30 comments:

  1. apa yang kamu lakukan,harus didasari dengan ilmu,itu akan lebih bermanfaat disetiap langkah kita untuk mencapai hidup yang layak,apa yang kita lakukan akan berdampak pada masa yang akan datang,jadi dalam bertindak tidak hanya dgn up to you,tp harus didasari dengan ilmu dan pikiran..

    ReplyDelete
  2. wahhh :D bisa jadi masukan nihh... makasi ya kak :)

    ReplyDelete
  3. SETUUJUUUUUU !!! bgus bgt chaaa tulisanyaaa. . . :)

    ReplyDelete
  4. hidup emang begitu...ada grafik naik turunnya...jangan pernah menyerah tidak hanya diucapkan tapi dilaksanakan dengan penuh semangat...=)

    ReplyDelete
  5. yah betul..

    apa yang kita mau apa yang kita bisa apa yang kita harap,, kita sendiri lah yang harus mencarinya.. :D

    mau sampe jungkir balik pun.. tetep harus ketemu dulu sama kekuatan dalam diri kita sendiri. baru deh bisa dapet pa yang kita mau..

    kuncinya berfikir positif.

    Kutif dari kata katanya mario teguh... woot :D

    ReplyDelete
  6. Setujuuuu...
    emang semua yang kita lakuin kita sendiri yang menentukan,, ^^

    salam..

    ReplyDelete
  7. duwieoktaria gemari ichaMarch 8, 2010 at 9:57 PM

    waw kren bgt cha blog na , mnjdi msx"an bwt saya, icha the best.........

    ReplyDelete
  8. Know yourself and give yourself the trust and respect is the key to life. With Allah's grace, Insya Allah life is worth living. Icha, I think you shld be a counsellor or motivator girl. Insya Allah all the best will be yours. Amin.

    ReplyDelete
  9. wah, luar biasa nih, ga nyangka kamu bisa nulis seperti ini...

    ReplyDelete
  10. inspiring, ijin copas ya Cha...
    thx

    ReplyDelete
  11. tulisannya sangat memotivasi dan menginspirasi kak Icha....
    meskipun kita minta tolong orang lain ttp aja
    What you make of your life is up to you... :)
    tergantung sama diri kita sendiri...

    ReplyDelete
  12. wah bagus sekali tulisan kamu icha..kamu memg ada bakat utk jadi penulis sekaligus psikologis..Kata2 kamu dpt dijadikan motivasi kpd pembacanya..Aku doakn smoga kamu sukses dlm pendidikan dan karier kamu..Good luck and may God bless you..Insyaallah

    ReplyDelete
  13. hm.....maju terus pantang mundur,
    hidup jadi diri sendiri atau kehidupan dalam bayang orang lain

    ReplyDelete
  14. Yes. Nice and impressively written. The centre of life and living itself is you. That's why Allah has created each individuals according to what He believes the person can take and make of himself. The essence of you has the strength unto yourself. Keep on believing what you dare Cha and Allah will be with you.And don't forget to thank Him in your own ways.

    ReplyDelete
  15. Read!! Read in the name of your god, if u want to make your life worth you'd better read. it because the lead is the finder and find a thing must be efforted and the way is read.)

    ReplyDelete
  16. thanks ya bwt tulisannya..
    yg tadinya pesimis jadi optimis.. :)
    semoga sukses kuliahnya!!

    ReplyDelete
  17. bagus bgt tulisannya
    membuat kita sadar n lebih care kepada
    kehidupan yang kita jalani
    semoga icha sukses dalam menyelesaikan
    sekolahnya

    ReplyDelete
  18. betul banget apa kata kaka..

    kunjungi blog aku juga yah ka..

    http://ridhaadilla.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Nice. Salute!. Amazing! An artist with brains. I like.
    One more thing - Be honest to yourself. You owe yourself that much. Adios!

    ReplyDelete
  20. great writing cha.. keep up the good work.. pursuit your dream..

    ReplyDelete
  21. cha you're my inspiration

    pernyatan mu begitu menenangkan diriku atas apa yang sedang terjadi dalam hidupku belakangan ini

    entahlah sekarang ini diriku mengalami kemunduran kepercayaan diri atas segala sesuatu hal dalam hidup ini. dan entah apakah fenomena 2012/ 2013 adalah suatu hal yang hebat atau heboh kedepannya

    saya ini seperti layaknya dokter, dia bisa mengobati orang lain , namun belum tentu bisa mengobati dirinya.

    disaat senang ..ide , pemikiran, gagasan dan hal yang positif hadir, namun disaat tertentu kita hanya stagnan, dan mengharap jalan keluar terbaik dan disaat genting,,,,itulah cobaan terberat kita


    tapi saya salut dan senang pernyataan mu ini

    the_kreitz@yahoo.com

    ReplyDelete
  22. terkadang sesuatu yang kita tidak harapkan merupakan sesuatu yang sangat kita butuhkan, entang mengapa ini terjadi kita jangan hanya sibuk bertengkar sedangkan kapal kita kerseret arus yang deras... maaf kalo ga nyambung..
    Oh Ya
    Maaf ya kalau boleh tau AS itu apa ya nama kamu bukan, karena aq juga pakai singkatan AS(agung Setiawan).

    ReplyDelete
  23. kak Icha agamanya Hindu ya?

    ReplyDelete
  24. I do believe you will someday be an inspiring journalist or writer. I am one of the person you inspired with you writings. Keep writing to inspire people and most importantly yourself =D

    ReplyDelete
  25. iam_vides@yahoo.comApril 2, 2010 at 7:09 PM

    Like this writting so much..
    Inspiring me,
    Keep writting cha.. :)

    ReplyDelete
  26. Great !!!!!

    kok Icha gag ikutan comment ????
    seenggagnya d jawab pertanyaan yg d atas .....
    mereka akan senang sekali kalau icha menanggapinya .

    thx :):)

    ReplyDelete
  27. wooowww.. that's really good :)
    Proud of you

    ReplyDelete