11.12.09

Kejora dan Bintang

Setelah sekian lama, akhirnya nulis lagi.. :)
Itupun setelah selesai shooting.. heheh.. Balik lagi ke aktivitas dan rutinitas seperti dulu :) Capek sih memang.. Tapi menyenangkan.. Setelah setengah tahun off dari dunia per-shooting-an, sekarang mulai lagi, sembari mengisi waktu liburan.. Maaf ya kalau Icha akan jarang update blog, tapi Icha usahain supaya bisa tetap update :) Okay, alasan Icha nulis sekarang itu karena ada beberapa hal yang memang harus Icha jelaskan. Dan itu semua terkait dengan sinetron baru Icha yang akan segera tayang. Banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengenai kedatangan Icha dan kemunculan Icha di televisi, bahkan main sinetron. Tapi Icha tetap menghargai pendapat mereka. Dan disini Icha akan jelaskan semuanya. Semoga bagi kalian yang bertanya-tanya, tanpa lebih tahu alasan yang jelasnya, silahkan baca ya..

1. Icha main sinetron lagi, bukan karena cuti dari kuliah, tapi karena untuk mengisi summer holiday selama kurang lebih 3 bulan.
Ya, sekarang ini Icha sedang liburan, bukannya cuti kuliah. Dan liburannya itu selama kurang lebih 3 bulan. Pada awalnya Icha tidak mengira kalau Icha akan main sinetron lagi, walaupun Icha tahu saat Icha masih di Melbourne pun, tawaran alhamdulillah sudah ada. Tetapi, sampai akhirnya Icha menerima tawaran ini, ada beberapa pertimbangan yang Icha diskusikan dulu dengan SinemArt, terkait dengan jadwal Icha yang hanya sebentar ini. Dan setelah semuanya menyetujui, akhirnya Icha putuskan untuk terima tawaran ini. Banyak sekali yang mengira kalau Icha hanya omong kosong untuk kuliah di luar negeri, tapi ujung-ujungnya balik lagi main sinetron, seolah-olah Icha tidak konsisten dengan keputusan Icha. Tapi pada kenyataannya, bukan seperti itu. Icha menerima tawaran sinetron, itu untuk mengisi waktu luang Icha selama di Indonesia, dan kalaupun pada akhirnya ternyata sinetron ini belum selesai tapi Icha sudah harus balik ke Melbourne, kedua pihak (Alyssa dan SinemArt) setuju untuk memutuskan peran Icha, bagaimanapun caranya. Jadi entah akan dibuat seperti apa, tapi sinetron ini tidak akan menjadi alasan Icha untuk menunda kepergian Icha ke Melbourne lagi.

2. Kejora dan Bintang = Shining Inheritance?
Icha jujur ga tahu apakah ini disebut menjiplak atau hanya terinspirasi dari cerita Shining Inheritance. Icha tahu, tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang gemar nonton drama Korea, sehingga mereka tahu apakah ini mengikuti drama A atau B. Namun terkadang, banyak orang yang akhirnya suka menyangkut pautkan kepada pemain. :) Icha juga pernah nonton Shining Inheritance, dan saat shooting inipun, Icha melihat kembali drama tersebut dari YouTube. Dan memang, banyak sekali kemiripan antara KDB dan SI. Icha akui hal itu. Icha, disini mewakili seluruh pemain, hanya ingin bersikap adil aja. Icha juga terima kritik dan saran dari semuanya. Dan sudah menjadi salah satu resiko kita kalau pada akhirnya dibanding-bandingkan dengan karakter tokoh di drama yang asli. Namun, disini kita hanya ingin mengatakan that everything is intertextuality. :) Yang dimana berarti, segala sesuatu pasti akan berhubungan dengan sesuatu (yang lain) juga, entah itu dari pengalaman, menonton film, baca buku, ataupun mendengarkan curhatan orang yang pada akhirnya bisa menjadi sebuah ide untuk sesuatu; sebagai contoh, skenario. Tapi Icha juga ngerti kok, kalau akan ada orang-orang yang tidak suka dengan Kejora dan Bintang karena banyak faktor. Hehe. Icha tetap mengharagai semuanya, dan Icha hanya melakukan hal yang Icha senangi. Jadi tolong di maklumi ya semuanya. :) Bagus atau tidaknya, biarlah masyarakat yang menilai. Icha, dan seluruh kru dan juga pemain yang lain hanya berusaha maksimal.

3. Pendidikan tetap prioritas utama.
Dengan kemunculan Icha sekarang ini, banyak yang mengira akhirnya Icha cuti bahkan meninggalkan kuliah demi karir. Tapi, bukan itu yang Icha inginkan. Icha pulang, hanya untuk liburan. Icha bermain sinetron hanya untuk fun dan mengisi waktu luang Icha selama liburan. Dan kalaupun Icha main sinetron, itu bukanlah sesuatu hal yang aneh kan? Toh, Icha juga main disaat liburan, bukan ditengah-tengah kuliah. Dan semua nya sah-sah aja kan? Icha juga ga merugikan pihak manapun :) Dan Alhamdulillah, subjects yang Icha ambil semester kemarin lulus semua dengan nilai yang memuaskan hati :) Jadi, bagi semua yang bingung, dan suka bertanya, "katanya di Australia, kok malah main sinetron?" Icha sudah kasih jawabannya ya.. :) Yang jelas, Icha main sinetron hanya saat liburan aja kok ;) Kalau kuliahnya sudah mulai lagi, ya Icha akan balik ke Melbourne. Karena Icha ingin buktikan sama semuanya kalau memang Icha tidak hanya sekedar omong saja. Semoga bisa di mengerti..

Mungkin 3 points di atas sudah mewakili semuanya ya. Karena memang seputar itulah yang paling sering membuat bingung masyarakat. Semoga penjelasan Icha diatas cukup ya untuk menjawab semuanya. Maaf kalau ada yang kurang bisa di mengerti atau kurang jelas. :) Kalau ada kritik dan saran, jangan sungkan-sungkan untuk keluarkan pendapatnya yaaa... Ditunggu loh! ;)

Jangan lupa!!
Saksikan..
KEJORA DAN BINTANG
Mulai 14 Desember 2009, jam 18.00 WIB

Setiap hari, hanya di RCTI.


~AS~

133 comments:

  1. wuah, beneran pertamax.hihihi. maaf nyepam.

    sekarang saatnya menyimak..

    ReplyDelete
  2. apa sih pe5rtamax artinya...

    cha klo komen na di bales yeehh...

    btw ak lum liat SI...

    km gak komplen sama pihak Sinemart?

    ReplyDelete
  3. wah, asyik juga ya liburnya lama...
    selamat beraktivitas di dunia sinetron kembali, cha... ^^

    ReplyDelete
  4. Icha, ga usah peduli dengan apa yang orang banyak omongkan..tapi jalanilah apa yang menurut icha baik utk hidup icha..

    semuanya nanti akan terbukti seiring berjalannya waktu
    sooo dont worry..
    selama keluarga icha,temen2 icha dukung icha..itu yang terpenting bukan?

    maju terus dan jangan menyerah

    Cheers,

    Tauruspride

    ReplyDelete
  5. ga papa cha mau di bilang jiplak kek. yang penting icha main dan tetap tunjuin akting nya icha yg terbaik. ok. good luck ya!!!!

    ReplyDelete
  6. mau jiplak kek, atau apa lah. yang penting yang jadi pemainnya kan icha. aku suka banget

    ditunggu sinetronnya yaaa....

    sukses terus ya cha, jangan dengar apa kata orang yang penting karir jalan, sekolah juga jalan

    salam buat Melbourne, aku selalu bermimpi pengen ke sana, tapi belum ke sampaian. so, kalo icha cerita tentang melbourne aku bakal senang banget...

    :p

    ReplyDelete
  7. Icha, Don't worry be happy!

    Njiplak? yang jiplak mungkin penulis ceritanya bukan pemainnya. Jadi jgn komplain ma pemainnya, ya!
    Tapi kita jg tdk tau apakah Sinemart sudah mengantongi ijin dari penulis aslinya atau belum. Klo gk ada ijin, mungkin jiplak. Tapi klo ada ijin, itu sah-sah aja, seperti halnya HANA YORI DANGO atau METEOR GARDEN atau BOY BEFORE FLOWERS.

    Pokoknya yang penting icha ttp berusaha untuk akting yg sebaik-baiknya. Bun dan ASL seneng bgt icha bisa maen sinet lagi.

    Happy nice holiday n shooting deh, cha!

    ReplyDelete
  8. Tenang aja cha..ASL tetap dukung icha kok..
    Meski nanti bakal di banding-bandingin sama drama korea nya,icha nyantai aja..
    Icha kasih yg terbaik aja..akting icha kan bagus banget..
    Semangat ya cha..

    Ku udah ga sabar nih nunggu kdb tayang..

    ReplyDelete
  9. Kalau ga tahu tuh jangan suka menuduh!
    Saya yakin Pak Leo Sutanto dari Sinemart sudah mengantongi izin adaptasi Drama Korea tersebut.

    Jadi buat kak Icha jangan stress!Tetap tampilkan yang terbaik buat penggemar.

    ReplyDelete
  10. ICHA ,jangan
    marah".......
    jadi TAKUT aku

    Anggap omongan ORAng itu
    yang SYIRIK
    ma kamu
    OKAY

    O P T I M I S

    ReplyDelete
  11. Saya salut kau nomer satukan pendidikan, apalg study grade bagus it;s OK, aq kasih 20 jari untuk menyetujui Obsesimu.

    dan Perlu diingat Semakin kau menjauh, masalahmu akan bertambah, INGAT ya !

    Semakin kau menutup diri, hal yang kau gali akan tertutup kembali

    KEcuali Resiko dan KOnsekuensinya kamu ketahui

    Penjiplakan itu tak terjadi kalo sudah ada persetujuan dari pihak yang bersangkutan, bisa di ciptakan tapi pasti tak akan sama dengan aslinya, mngkn 40-50% kesamaan.

    Kreitz

    ReplyDelete
  12. "Life must go on" Hidup belajar dari pengalaman dan ujian,anggap kritikan sebagai penyemangat dan penyempurna tujuan kita,ingat setiap konsekwensi pasti ada manfa'at dan resikonya.
    Yg sabar ya iCha teruskan konsekwensi baikmu(mengutamakan belajar)yakinlah akan hasil baiknya kelak.
    about KDB jalanin aja,aq yakin SinemArt sudah memikirkan resiko dan manfa'atnya sblm sinetron ini di produksi.
    Tetap semangat,tetap berkaya,tetap berusaha dan yakinlah akan hasil baiknya...gd luck n GBU...amiiin.

    ReplyDelete
  13. Assalam,waduh seneng ya liburan sambil cari uang,sukses ya:-)

    ReplyDelete
  14. waaah...
    begitu yah resiko jd artist,
    klarifikasi son0-sini,
    tapi tetap semangat,

    ku setuju tuh ma comment na dinda(dee)
    jalanin aja selama dirasa itu abik dn ga ngrugiin orang lain,

    yha meskipun begitu, aku tetep berharap kalo bisa indonesia bisa bikin sinetron yg kreatif ke depannya supaya ga cuma ibu2 yg mau nnton tapi smua kalangan karena ceritanya seru.
    ga papa lah sekarah dalam tahap perkembangan

    ReplyDelete
  15. intinya gak sabar... gak sabar... dan gak sabar wat nonton kmu, CHA...

    ReplyDelete
  16. Nice post :-)

    Kunjungi http://wp.me/sevle-kdb

    Sukses buat Icha (Amin)

    ReplyDelete
  17. ga sabar pengen nonton sintronya ka icha yg dantik............


    by : sri lestari

    ReplyDelete
  18. assalamualikum icha..
    aku fans kamu dr malaysia..
    gimana ya mau nonton sinetron ini??

    ReplyDelete
  19. gimana ya aku mau chat langsung sama ica??

    ReplyDelete
  20. Yakin cha ga ganggu kuliah?tp klo iy bgs de cha..sukses ya...

    ReplyDelete
  21. u kok kliatan bgt takut image jelek sih, dari smua postinganmu banyak yg cm ngejelasin how good u r. takut disama2in ma acha ya! padahal dgn biasa aja orang dah tau kalo u so much better than acha. so jangan terlalu worry bout image deh! cm saran lo....

    ReplyDelete
  22. Setuju sama yg diatas... Tanpa kamu klarifikasipun kita tau Kapabilitas kamu.. Jadi hadapi semua ini dgn enteng2 aja, ga usah terlalu dipikirin ya cha, nanti malah menjadi beban...
    Sukses selalu...

    ReplyDelete
  23. ak pikir jiplak wajar aja asal ada CREDIT buat drama aslinya kaya kasi tulisan
    "SINETRON ini diangkat / terinspirasi dari drama korea Shining Inheritance"

    kalo ada credit itu , ak yakin fans SI ga bakal marah n iklas kalo drama yg mereka suka diremake,,

    tapi kalo da ada creditnya itu yg bikin fans sakit hati

    jujur ak fans SI n ak ntn SI ampe berulang kali, tokoh eunsung disitu sangat menginspirasi, dalam keadaan apapun meski lagi nangispun tetap ada semangat n harapan yg memancar dari seluruh gerak tubuhnya n bisa titip salam buat yg jadi seungmin indo ga ?

    seungmi ga jahat2 amat kaya ver indo kok....

    ReplyDelete
  24. sori ada salah ketik,

    tapi kalo da ada creditnya itu yg bikin fans sakit hati

    harusnya

    tapi kalo GAK ada creditnya itu yg bikin fans sakit hati

    ReplyDelete
  25. smoga kamu sukses2 slalu ya icha...

    ReplyDelete
  26. airen said...

    SETUJU!!! kemungkinan yg bikin fans2 SI jd gondok adlh ga ada credit ke SI sama skali.. Kalo blh minta tlng ke mba alyssa spy kasi usul ke PH ybs wat ngasi credit ke SI di stiap penayangan. Btw itu pemeran ibu tiri & anaknya agak lebay deh, bs tolong titip usul supaya dikurangi pelototan mata & teriakan mautnya? kasian kan klo sampe penonton jd sakit mata & kuping gr2 sinetron KDB..

    ReplyDelete
  27. hi..
    sebelumnya sori ya kalo sedikit menyinggung. tapi saya rasa, sinetronnya mbak bukan ngambil ide tapi jiplak.. saya yakin. saya adalah fans berat Shining Inheritance, dan ngerasa kecewa banget.. mungkin kalo cuma sama di beberapa adegan, saya masih bisa kompromi. tapi masalahnya dari awal sampe akhir itu sama.. cuma adeknya pemeran utama di SI itu cowok, kalo di sinetron mbak cewek..

    saya ngerasa kecewa banget. sungguh, saya nangis waktu tau kejadian ini :'(

    saya harap mbak mau membicarakan hal ini ke pihak sinemart.. karena kasian mbak, kru" yang udah setengah mati nyari ide, banting tulang, keluar biaya yang ga sedikit buat drama ini.. coba deh posisikan mbak pada posisi mereka". gimana perasaan mbak? :(

    saya cuma gamau kalau ntar masyarakat Indo salah paham.. mereka mungkin ngira ceritanya itu original, padahal...

    lain kali kalo udah tau naskahnya rada mirip drama lain jangan diterima ya mbak.. aku yakin kok, pasti mbak masih banyak punya twaran di sana-sini :)

    sekali lagi maaf dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  28. Saya juga fans Shining Inheritance,,,
    dan saya juga ngerasa kecewa bgt drama favorit saya harus dijiplak oleh Sinemart...
    bener kata yang diatas cuma perbedaan klo yang jadi adik dsini cewe bukannya cowo dan tokoh antagonis dibuat berlebihan,,,

    Saya juga ga mau masyarakat salah paham,,masalahnya pihak sinemart juga ga bilang klo sinetron KDB diadaptasi dari drama korea Shining Inheritance,,,

    Kalo pihak Shining Inheritance tau ini smua gimana coba,,,
    setujuu bgt sama yang diatas kalo udah tau naskah dan ceritanya sama knapa diterima mbak,,malah mbak sendiri dah nonton drama Shining Inheritance,,,
    Sayang sekali yah...ckckck,,,

    Terima Kasih,,,

    ReplyDelete
  29. airen 5 said....
    aq juga fans SI yg dsyookkk dgn adany kejadian ini....
    pendapat aq so far sama ma yg laen...
    n tlg yaa mba...klo emang terinspirasi ksh creit yg jlas buaat SI...
    kasian kru dsana dah cape2...
    hargailah HAK ATAS KEKAYAAN ITELEKTAL orang lain....jd jgn sampe mempermalukan ngara qt ndiri..mw ngmbi inspirasi tp ga mw ngasih credit....
    thx....

    ReplyDelete
  30. Jujur ...akting semua kurang bagus
    latar cerita maksa banget \
    coba ..sekali2 hal yang baru
    tanpa rekayasa publik

    thx

    ReplyDelete
  31. kejora dan bintang bener2 asli mirip bgt sm shining inheritance.drama korea ntu emang sumpahhh bgus bgt jalan critana,yahhh...dan gak heran jd bahan empuk buat dijiplak indonesia...huft,sangat menyebalkan...dan sayang skali alisa main dsini...

    ReplyDelete
  32. Mga2 sinetron kta bsa lebi kreatif y ^^
    kasian bnget orng sana dah susah2 buat drama.. buat skrip yg keren dan solid yg pstinya makan waktu bertahun-tahun dan sekarang kta tinggal jiplak2 aja...
    ksel bngt dulu drama2 fav ku dah dijiplak..
    benci bilang cinta = Princess Hour (Goong)
    benci jadi cinta = my girl
    you're my destiny sama fantastic couple
    mga2 sinetron2 indonesia bsa lebi kreatif..
    bnernya..

    ak pengenny.. sinetron ini ad tulisanny gini..
    "drama ini terinspirasi oleh...."

    buat Icha.. ^^
    smngt y kak!

    ReplyDelete
  33. Hi kak icha, ak suka bngt ma kak icha.
    Kak icha cantik! Trus pinter lagi. Aku penggemar berat drama korea dan pemeran utama dari drama korea, shining inheritance. Aku ngerti si, ngga ada haknya untuk menyalahkan kak icha atau kak baim, karena semua kan keputusan script writer dan sinemart.
    Tp aku jujur kak, kecewa banget. Karena seperti bnyk orang di blog ini posting, sinemart ngga kasi kredit sama sekali ke shining inheritance. seharusnya kan, dikasi kredit, misalnya, drama ini diadaptasi dari drama shining inheritance ato BL.
    Pertama aku nyadar, kalau drama ini mirip pas kak icha tampil di dasyat. Pas kak icha bilang kalau tasnya ketuker dan pulang dari luar, aku dah mikir, eun sung!!!
    Trus, pas ada kakak yang lagi satu bilang kalau dia akan jadi karakter yang ngelindungin kak icha, aku langsung keingetan 'junse oppa'. Hehehe. XD

    Trus, aku nnton kak. Pas adegan di bandara, dah feeling ngga enak. Trus, aku bilang ke mama sebelum eps tadi tayang, pasti ceritanya akan gini.. Gitu..
    Eh, ternyata bener.

    Kak icha kan orang yang deket ma produsernya. Aku minta tolong kak, bisa ngga tulisan2 ini disampaikan ke pak produser. Soalnya kita kecewa berat kak. Kesannya, sinetron kita dicap sebagai sinetron plagiat, padahal aku yakin kita bisa lebih baik.
    Aku tau kak icha ngga punya hak apa2 untuk protes. Tp sebagai penggemar lee seung gi (hwan), aku mohon kak, kalau kak icha ad waktu, sampaikan keluhan kita disini ya kak. Thx kak.
    GBU.

    ReplyDelete
  34. semoga sinetron indonesia bisa lebih kreatif ..

    ReplyDelete
  35. kak icha, aku penggemarnya SHINING INHERITANCE looh~
    kalo mnurut aku, gak papa kalo ada sinetron2 yang ceritanya sama dengan drama2 luar asal nyantumin creditnya.
    kayak BBF, mereka emang udah minta izin sama pengarang hana yori dango di jepang dan sama pemegang hak cipta hana yori dango versi jepangnya..

    sama kayak komen2 diatas, fans SI disini marah karena sinetronnya gak nyantumin credit. kita harus ngehargain karya orang lain dong.. kalo gak bisa ngehargain, negara kita juga gak akan dihargain orang.

    thx before~

    ReplyDelete
  36. croot aja la ama lo cha

    sigit purnomo said

    ReplyDelete
  37. kalopun diadaptasi, pasti pihak sinemart udah ngumumin di internet n media kalo mereka bakal ngadaptasi SI. kayak dulu waktu Korea ngadaptasi HYD, mereka kan gembor-gemborin di internet.. nyantumin posternya dimana-mana (meski kesan posternya masih misterius). dan itu membuktikan mereka legal.. mereka emang bener-bener ngadaptasi, dan itu berarti mereka bayar ceritanya, beli hak cipta. kalo KDB kan gak, artinya kan dia ilegal..


    ati-ati loh, kalian yang termasuk di dalamnya bisa kena sue.. soalnya kita selama ini udah cukup bersabar, ngeliat kalian jiplak-jiplak karya orang. My Girl, One Liter of Tears, You're My Destiny, dll.. sekarang kita bisa aja lho cari cara. bukannya gw mau ngancem, tapi kita udah sabar banget selama ini.. apalagi gw itu fans beratnya Seung Gi oppa.. gw ga bisa ngebayangin gimana sebelnya dia ama Indonesia. kalo sampe dia gak mau dateng ke Indonesia gimana??? gw akan menangis meraung-raung TT_TT

    kalo gue bilang sih.. mending kalian semua ngelurusin masalah ini, SECEPATNYA, sebelum terlambat.

    ngomong-ngomong gw se7 sama ndaroo dan airen. hrusnya alyssa bisa nolak naskah itu.. alyssa kan pasti bakal banjir tawaran, percaya deh. segitu banyaknyakah bayaran yang ditawarkan sampe-sampe bisa kayak gini?

    gw jadi inget quote yang gw suka di Shining Inheritance: "Money is really a scary thing.."

    thanks

    ReplyDelete
  38. saya rasa komentar2 diatas sudah cukup jelas...jadi saya memohon juga kepada mbak alyssa tolong dong bilang ke SinemART nya tolong dicantumin CREDIT nya..please ya mbak..masalahnya juga UDAH BANYAK BANGET sinet indo yang "nyontek" drama korea..masa KDB juga mau melakukan hal yang sama? ngga kan?!

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih ^^

    ReplyDelete
  39. LOL .. Shining Inheritance more better ..
    i hate plagiarism ,,

    ReplyDelete
  40. haduuh kak~
    bilangin sinemART nya dong ~
    jangan plagiat terus knapa --"
    boleh sih menginspirasi , tapi kan harus dikasih CREDIT .
    hargai karya orang lain juga dong~

    terus menurut ak , KenTang ini bukan hanya menginspirasi SI , tapi murni MENJIPLAK , sampe kata"nya ak inget banget kata" yang ada di SI .
    terus klw mw jiplak itu yang bener deh , jangan di lebay"kan . jadi tambah ilfil pecinta SI nya --"
    jadi , CREDIT PLEASE ~
    pantes aja skarang yang nntn drama asia tambah banyak , orang sinetron aja hasil jiplakan --"
    i hate plagiarism~

    ReplyDelete
  41. HALOOWW..icha...*maf umur gw lbh tua dr lo soalnya* hehe..

    semangat kuliah-nyak yah...tar S2 w jg mo kesana

    mau komment tg "KEJORA DAN BINTANG"
    w sangat menghargai segala hasil kerja keras tim sinetron kejora dan bintang...
    tapi tolooooong bgt...
    bisa gag disampain mo ke sutradara-nya kek, ato penulis skenario, klo bisa mpe ke bapak leo sutanto yg terhormat...

    klo mau nge-remake *selama ni blgnya nge-remake*
    please hargain penulis cerita aslinya..
    sama seperti kalian, mereka disana jg susah payah kerja keras bikin suatu tontonan....

    atleast..w bukan fans berat shining inheritance..
    tapi w sbg orang indonesia...
    pengen bgt ngeliat tayangan indonesia yang jauuuh lebh bagus dari negara laen...
    w yakin itu bisa dilakukan..dimulai dari semua pihak...

    trims atensi-nya...
    maf klo2 ada salah2 kata...
    *sedikit tulisan dari org yg prihatin ma dunia pe-sinetronan indonesia*

    ReplyDelete
  42. airen banget neh said :
    sebenernya gw ga terlalu fans ma icha.. ato baim wong..
    tambah ga fans lagi ma klian setelah tau meranin KDB yg menjiplak SI..
    sejujurnya .. emang icha ama baim ga bs disalahin..
    tapi ada baiknya milih script neng biar ga kejebak ma yg beginian..

    orang2 yg tadi nya demen ma neng icha atau yg kurang ga demen malah jadi makin ga demen deh..

    bener spt komen2 di atas..yg salah pihak produksi nya ama script writer nya ..
    sapapun itu..semesti nya ada credit buat Shinning In heritance / legaly brilliant ..

    gw airen banget neh.. ma seung gi darling..
    bener tuuw...klo orang korea tau Indonesia Buanyaak banget ngadapt cerita dari drama2 mereka , itu sudah melanggar hak intelektual orang laen..
    maluu dunk..jelas2 banget PENJIPLAKAN terjadi slama ini..

    please cha... loe bilang ke produser loe...
    mending ganti deh jalan cerita mumpung msh di episode awal...
    klu perlu episode 2 seterus nya dah ga sama ma SI... ubah tuuw adek yg autis jadi sembuh dan normal... terus cerita junsu oppa ga harus cinta mati ma eun sung ada cewe baru...
    ubah deh pokoknya...

    jangan buat orang Ilfill ma sinet indonesia..
    bener2 menyedihkan...

    dan mending icha study aja deh daripada maen sinetron jiplakan model gini...ga maju2in karier cha ..wkwkwkwkwkkwkwkwkw

    ReplyDelete
  43. WOOOOOOIIIII..........
    CREDIT CREDIT CREDIT.....!!!!!!!!!!!!!!!!



    GAG PERNAH DIAJARIN NGEHARGAIN KARYA ORG YA????!!!!!



    Bwt sodara alyssa soebandono,
    tolong ya,
    tolong.............banget!!!!
    tolong bilangin ke penulis skripny KDB kasih CREDIT : SHINING INHERITANCE!!!!!!!!!!


    TRIMA KASIH....
    KAMSAHAMNIDA...........

    ReplyDelete
  44. Gue salah satu pecinta serial korea n kayaknya ga rela banget ya SI di jiplak,,tapi seperti yang temen-temen bilang,asal ada CREDIT mungkin aku termasuk fans lee seunggi and han hyo joo mungkin gag akan terlalu gondok kale ya??

    ReplyDelete
  45. Alyssa.. gw taw blog lo dr Koreanindo.. ><
    Banyak bngt loo orng2 dsana yg kesel bngt atas penjiplakan film favorit kita smua 'Shining Inheritance'
    Gw stuju ma orng2 yg dah kasi comment..
    Seung Gi gw klo benci Indo, trus ngga mau k Indo gmana say.. ==
    Back to the topic, klo lo dah taw itu sinetron jiplakan, napa mesti ikutan cha..
    image lo dah bgus, gw bkn penggemar brat lo cha.. tp gw jujur ska ma drama2 lo.. kan image lo bsa rusak klo gini... tlng sampein keluhat kita k pak produser y cha..

    gw cm mo blng..
    "Indonesia slalu mnta dihargain karyanya, contoh.. batik, dsb. Tp bangsa kita ngga mau hargain karya orng.. klo mau dihargain, pliz hargain krya orng.

    ReplyDelete
  46. I'm Korean Indonesian, so I can't speak Indonesian well. But I understand lil' bit.. my friend translate it for me. ^^

    As 1/2 Indo, 1/2 korean, I feel lil' bit disappointed because of this. U better ask the producer to re-write the script for the next eps or at lease, give credit to Shining Inheritance.

    Shining Inheritance is highly popular drama in Korea and has won some awards.. even bit Boys Over Flowers (in Mnet 20's award) and also has a high rating when it was broadcasted. It's also well-scripted and the actors have worked hard for it. So, I think it wasn't fair for SBS (the company which produce it), the director and all the casts.

    ps: pliz don't make the indo version of YAB (You're Beautiful) lolz.

    ReplyDelete
  47. Gosh, I love and I read 1 comment before me, 'please don't make the indo version of YAB', iya, jangan buat dong, kalo buat, pemain-pemain, kru, sutradaranya bsa kena protes Primadonna (hong gi fan), towel guy fans (Shin Woo oppa.XD) ama JGS, ngga ketinggalan PSH.

    Tentang masalah ini, aku kecewa banget. Kayaknya ngga perlu ngomong banyak ya, soalnya semua dah diungkapin ma para airen (istri-istri nya LSG). Ngga nyangka lo, para airen bisa ngumpulin kekuatan buat oppa kita yang baru sembuh dari sakit.

    aku suka film Indo, tp yg asli Indo. Ngga jiplak, sinemart memang suka banget jiplak2. You're My Destiny dah dijiplak, sekarang SI, drama paling top d Korea taun ini ampe ratingnya 47% (klo ngga salah).
    Kalau mau rating tinggi, ngga harus dong niruin drama dengan rating tinggi juga.

    ReplyDelete
  48. ^ agree with all those who againts this...
    Have you about plagiarism??? Tau kan klo bikin report ato yg laen, ambil dari source laen harus pake credit??
    liat film2 jepang or taiwan yg niru film laen.. they always use credit!!!
    g cuman penah liat 1 sinetron indo yg pake credit! just onee coi!!
    Mending pake credit, we as kdrama lover gakan marah.. but what about this???o_O
    mau karya lu diambil trus org laen bilang ini terinspirasi??and ga pake credit??
    pliss..jgn bikin malu indo lagi.. udh bnyk sinetron indo JIPLAK film luar.. T__T Im truly sad..><

    and bner kata yg d atas.. DON'T DO YAB INDONESIAN VERSION OKAY??thankss

    ReplyDelete
  49. assalamualaikum.........
    gini klo emang mw ngejiplak tlng yg sopan lah!!!
    apa sblm produksi sinetron ini udh meminta ijin dhlu kpd pihak yg berwenang yg tlh membrikan seluruh pikirannya n ide2nya dlm membuat drama yg sdh diJIPLAK dgn cara MENCURI ini?????
    satu hal lg......dlm cerita SHINING INHERITANCE bnyk bngt pelajaran hidup yg bgs bngt dlm membantu bangsa kita agar dpt mendidik kita menjdi pribadi yg kuat, n tidak mudh putus asa,n msh bnyk lg pelajaran hidup yg bisa kita petik dr cerita SI........
    TOLONG KLO ANDA MEMANG ORANG INDONESIA YG KREATIF CUKUP SUDAH MELAKUKAN PEMBODOHAN PUBLIK!!!!!!

    ReplyDelete
  50. Anonymous said...

    sbenernya ya klo misalkan indo dah jiplak ginie
    berarti mank dah mikir .
    ga mampu bwad film lebih baguus lagii .
    n malahan jiplak film korea yg rating na bsa d blg tinggi uy .

    gw blg , blgin ke produser uw .
    klo mislkan emank terinspirasi ga usa sama persis . n ini mank bkn salah uw jga .
    soal na yaa uw kan sbg pemaen na .
    tpi tlg hargai karya org lain . jgan mpe sinetron indonesia d cap jelek gra2 sering jiplak film2 korea .

    yaa jujur
    gw tuh pecinta korea bgd . jdi na tlg bilangin . n sukses terus yaa ><

    ReplyDelete
  51. PLEASE STOP PLAGIARSM in Indo !
    really,, pleasee..T^T

    Nyadar ga sihh uda berapa banyak sinetron,, film ,, lagu,, video klip,, style artis2 Indo yg """terinspirasi""" dr artis luar?? hahahha~
    Uda ga kehitung..


    kalo emang sinetron ini TERINSPIRASI dr SI,, oke..saya percaya..
    TAPI,,apa susahnya bwt nyantumin CREDIT?? CREDIT!

    seharusnya saya yakin,,sebagai artis yg sudah lama d dunia entertainment, Mbak Alyssa pasti uda tau kalo segala sesuatu yg "TERINSPIRASI" itu membutuhkan yang nama ny Credit..
    Jujur,,saya sbg Kdrama and Korean lovers..GA TRIMA..BANGET

    dan sbg org Indo,,saya KECEWA bgt..

    Sebenernya,, saya pgn bgt film2/sinetron2 d Indo bisa berkembang spt KOREA,,tp kalo yg ada plagiarism2 ky gini~
    kecewa bgt rasa nya..
    ckck~
    kalo kaya gini ga bisa diubah,,jujur gue sbg org Indo ngerasa MALU BGT !!

    tolong ya,,
    bwt mbak Alyssa Seobandono yg terhormat blng donk ke produksinya buat nyantumin C.R.E.D.I.T --> CREDIT
    cm credit aj uda cukup..

    makasi bgt buat mbak alyysa kalo bener2 bkal nyampein ke produksi sinetron ini..


    ~KOREA is the BEST~

    ReplyDelete
  52. menurut gw film kejora dan bintang tuh kyk film lawak HAHAHAHAHAHA
    judulnya itu looohhh! isinya juga!!
    sumpah gw ketawa ntnnya!

    ReplyDelete
  53. hallooo mbak icha...

    aq penggemar berat Shinning Inheritance, trutama lee seunggi oppa...

    aq ga masalah kalo sinetron indo "mengadaptasi" dari drama korea, drama jepang, drama taiwan, dll...
    tp please kasi credit-nya donk...
    kita ja ga suka kalo budaya kita dipake orang tanpa izin, namun kita suka make drama negara laen seenaknya...
    aq ga tw apakah sinemaART uda minta izin ke scriptwriter-nya SI...

    tp coba deh, uda berapa banyak sinetron indo yg ngejiplak drama korea??? saya nemuin banyak banget mbak...
    saya hanya menyayangkan, ga bisakah buat alur cerita sendiri???
    ato kalo mau...
    kayak korea, taiwan, n china yg terang-terangan mengadaptasi HYD-nya jepang...
    kn lebih keliatan kita menghargai karya orang laen...

    klo terinspirasi bole aja, tp jangan ampe alur ceritanya pure mirip banget...
    aq uda liat sinetronnya mbak... sumpah, sama banget ceritanya kecuali adiknya eunsung kn cowok n autis... klo di sinetron mbak kn cewek...

    entar pasti ada yg niru You're beautiful... ntu drama kn rating-nya tinggi banget di korea...
    aq uda sering kecewa ama sinetron indo...

    maaf mbak, tapi itu faktanya...
    sapa yg suka karyanya dijiplak tanpa izin??? ga ada kn???
    saya khawatir klo ampe sutradara/produser/scriptwriter-nya SI tau soal penjiplakan ini...
    apakah mereka akan terima... ato nuntut indo...
    gtw dah...
    yg pasti aq ga mau imej indo yg lagi nurun jadi tambah rusak krna penjiplakan drama...

    tolong bilang ke kru sinetron mbak, minta izin dlu ke korea...
    biar ga terjadi hal yg ga diinginkan...

    n tw ga mbak, netizen dari korea ntu bener2 protektif ama idola-nya...
    klo mbak tw soal Jaebum-nya 2PM yg pergi dari korea gara2 netizen korea...
    n klo mbak tau soal petisi fans dbsk (cassie) ke pengadilan ttg 3 member dbsk
    n klo mbak tw soal antifans...

    tolong dipikirkan...
    thx

    ReplyDelete
  54. HAHAHAHAHHAHAA..............

    pusing pusing deh lo Cha.......
    mkanya,
    klo udh taw tu sinet nyontek mnding kaga ush d ambil.....!!!!
    drpd tar didemo besar2an sma Airen Indonesia!!!!!

    ReplyDelete
  55. wue males amat, plagiat

    ReplyDelete
  56. gila ih udh tau jiplak jga msi aja....

    org indo kagak nyadar"

    ReplyDelete
  57. wkakakaka..*ngakak*
    sumpahh gue nonton tuh film jiplakan 15 menit awal.bosennya boo..ga ktulungann.males bgt gtu..
    adegan nyiram2an nya lama bgt,, 1 scene bisa serasa sejam..><
    trus peran sodara tiri na, *gatw sapa namana* jahatttt bgtt yhaa.. Pantes film2 indo ga penah ada yg kae ngedidik klo peran2nya jahat gtu, beda bgt ama yg asli, baekk bgt..
    yg ada sih gue nontonya bner2 ngakak kebosenan, dalem hati kesel abis sih...
    yha tw dhe..kpan indo bisa sadar yhaa...

    ReplyDelete
  58. wah..
    wah..

    baru selesai nonton KenTang nih,,

    pendapat gw,
    persiiiiiiiiiiiiiiiis bangettt sm SI.

    plis donk,
    hargain karya negara lain,klo mau karya negara kita juga dihargain sm negara lain.

    sbagi pemain,
    aq harap sih icha bisa minta ke sinemART atau yg berwenang di sintron itu,untuk nulis creiditnya.

    INSPIRED FROM SI.

    biar sama2 enaklah,
    urusan penggemar,kan beda2.. ada yg bakal tetap nonton kok,klo mereka emang fans icha ataupun fans sinetron indonesia.

    thank you..

    ReplyDelete
  59. katja said...

    halo alyssa, smg ga marah blog nya diserbu ma
    airen & pecinta drama korea, no offense sist!
    AIREN Indonesia itu sebenernya cinta damai & cinta banget ma lee seung gi. Airen ga pernah niat mo cari ribut ato mencaci maki pihak manapun, oleh karena itu dimohon kerjasama Alyssa supaya berkenan mberikan masukan ke Sinemart spy mberi credit ke shining inheritance, that's it, cuma itu doang kok permintaan dr airen, so simple! karena di belahan dunia manapun PLAGIAT tdk pernah dibenarkan! Sukses ya Alyssa buat kuliah nya..

    ReplyDelete
  60. cma bisa nangis mulu...that's all(isa)

    ReplyDelete
  61. NGAKAK !!! LOL !!!

    sumpah ya bintang kejora atau apalah itu namanya JIPLAKAN shining inheritance banget! aku salah satu penggemar SI, dan amat sangat menyukai drama yang ratingnya cukup tinggi d korea sendiri sangat MARAH akan hal ini, it's okay lah kalau ada CREDIT dari pihak sinemARTnya, aku ga akan sampe segininya kalau bintang kejora ada tulisan "TERINSPIRASI DARI DRAMA KOREA SHINING INHERITANCE"

    dan ak nonton drama SI tuh bagus banget, banyak banget sedihnya tapi banyak juga pelajaran yang bisa di ambil. tapi dari bintang kejora? cuma nangis aja yang aku temuin. hahahahaha LOL '

    mungkin para Kdrama lovers udah bosen kali ya denger PLAGIARISME sinetron di indonesia. mulai dari meteor garden, my girl, 1 litre of tears, princess hours, dll. dan sekarang di tambah lagi sama shining inheritance. cuma bisa geleng geleng kepala aja liat ini sinetron.

    buat mba alyssa, tolong ya mba bilangin sama sinemARTnya, cantumin CREDIT dong.

    ReplyDelete
  62. Anonymous said...

    woww.....!!
    ad sinetron jiplakan lgii nih..

    pertama kali ya... aku liat....(cuma ngintip sih sekilas)abiss ga tertarik....
    ak udh tau....
    pertama, dari adegaN tas ketuker..
    drii situ ak udh nebak....
    aku kira sinetron ini kreatif,,, taunya.... jiplakan stelah liat adegan itu..
    aduh*...

    HEBAT dehh buat sinetron ini...
    TRS MENJIPLAK AJa...
    GA KREATIFF...
    CREDIT donk!!!!!!
    jiplakannya mantap!!!

    SHINING INHERITANCE IS THE BEST!!!!!!!!!!!!!!
    KOREA IS THE BEST!!!!!!

    ReplyDelete
  63. menawarkan credit panci, alat2 masak, dan segala kebutuhan rumah tangga buatan korea...

    ReplyDelete
  64. sekali JIPLAKAN tetep JIPLAKAN !
    terinspirasi darimana klo ceritanya bener2 SAMA PERSIS kyk gt.
    tolong y cha, ksh tw ke pihak sinemart buat kasih credit di filmnya, CREDIT !
    ga susah kan.

    ReplyDelete
  65. cha, kamu tuh
    JANGAN SOMBONG
    ma MEDIA
    ya HAdapin aja
    klo ga sesuai
    PEMBERIATAANYA
    jadi kan ORG
    beranggapan SOMBONG....!!!!

    ReplyDelete
  66. jangan bilang kaya gitu.. kalo mau buat versi indonesianya SI boleh ajaa.. asalll kasih credit... kaya waktu sinetron yang memberikan credit ke 100% senorita.. jadi tolong yaa.. kasih credit...
    lama kelamaan sinetron indo GAK GUNA!!! cuma bisa jeplak jeplak hasil karya orang dan menganggap itu karyanya sendiri...

    ReplyDelete
  67. icha..semangat !
    haha
    jadi ga jelas gini komen aku..yup, pokoknya semangat wae lah.. :)

    ReplyDelete
  68. CREDIT PLEASE!
    knapa gx skalian aja d tulis kyak gni
    "JIPLAKAN DARI DRAMA KOREA SHINING INHERITANCE"
    jujur gw kcewa bgt ma sinet indo yg bisanya cma NGEJIPLAK
    please hargain donk karya org lain
    jadi mba icha yg baik hati tlong bilangin ma produsernya tolong kasih CREDIT "TERINSPIRASI DARI DRAMA KOREA SI"
    itu aja koq mba gx banyak

    ReplyDelete
  69. Mmmm terus abis tau kl KDB mirip SEKALI dengan SI, lo ngelakuin apa?

    Oh God it's too plagiarism!! Plagiat sama aja PENCURI. Kalau main sinteron tolong lebih selektif. Jangan mau cuma ngejar keuntungan semata, sampai ga ngerti kualitas yang bagus..
    Sayang sekali..

    ReplyDelete
  70. WAAAAHH.. GW SETUJU BANGET NIH SAMA COMMENT YANG DIATAS GW INI.. BENER BANGETTTTT!!!

    ReplyDelete
  71. malaysia dituduh maling ama tetangganya...untung korea selatan bertetangga ama korea utara..bukan ama tanah air pusaka..
    puffhh..it's true: maling teriak maling

    ReplyDelete
  72. siapa sich yg nulis ide cerita & skenario?
    law ga salah RINAI EMBUN ya!
    oh pantesan nich cerita ga kreatip yg bikin aja dia, tukang NGEJIPLAK karya org lain. Bikin sinet itu yg kreatif donk, jgn bisanya cuma NGEJIPLAK. Hargain donk karya org lain, kasih CREDIT donk.

    ReplyDelete
  73. hahahaha.. kasian bagt lw cha... sabar-sabar..
    tapi FYI aja cha, fans" jepang-korea(kebanyakan) emang gitu, kita(gw juga freaknya j-kdorama..hehehe) emang kalo udah suka sama aktornya kek, filmya kek atau apalah emang terkesan lebbay, tapi itu dkarenakan dorama" sana emang bagus..
    gw jg fans lw cha, dari cara bersikap, sopan, ceria, lw juga ga aneh" (gw juga suka si kecil amanda) tapi gw KECEWAAAAAAAAAAAAAAAA bgt pas tau kalian maen film ini.. sesaat setelah SI tamat gw udah punya feeling "pasti bentar lagi ada jiplakannya nih di indonesia" eh ternyata bener..

    saran aja sih cha, mending kamu saranin deh ke produser or siapalah(gw ga ngerti) buat ngasih credit, karna ini ga mungkin cuma kebetulan.. kita-kita bukan orang bego yang bisa dibodoh"in sama produser" itu..
    karna fans korea itu solidaritasnya kuat bgt.. mereka dah lama bgt kesel sama sinetron" indo yg udah ada lebih dari 20 (bener" gw itungin lhoo! hehehe..)judul yang ngejiplak dari dorama korea or jepang dan fans" dari negara" ini cukup menakutkan lho cha..
    gw ga suka aja image lw jadi terpengaruh juga kan karna hal ini(amanda juga. kan kasian dy..)
    menurut gw, lw kan juga pernah liat dorama" korea noh, seharusnya artis" kita blajar dari mereka.. akting mereka keren bgt!!
    mata mereka tuh berisi bgt, nangisnya keren, marahnya ga lebbay, tanpa bicara mereka bisa nyampein emosi mereka ke penonton.. bagus deh buat panutan..tapi jangan malah jadi di jiplak gitu!!!!!!!!!!!!

    ok..ok..
    sabar ya cha, tapi gw tetep berharap lw ga maen di sinetron ini..

    icha..
    hwaiting!!

    ReplyDelete
  74. bentar lagi kayaknya You're beautifull bakal dijiplak sinemart juga nih.. hahaha..
    coba sa tanyain ma sinemart-nya..
    ampe dijiplak juga.. ... AWAAASSSSSSSS AJA!!! gak rela gw Jang geun suk ada yang nge replace!!!!
    buat yang dari tadi ngomel" diatas.. ada yang kenal sama remaja" korea(mau yang di indonesia atw yang tinggal di korea juga boleh)?? khususnya penggemar lee sung gi, skalian aja kita tuntut rame"!!!!
    jaebom aja bisa keluar dari korea gara" netizen!!! sekarang mari kita buat kapok sinemart(khususnya).. semua penggemar j/kdorama jangan putus asa yaaaaaa...!!

    ReplyDelete
  75. - Hahahaha ... ada2 aja ...
    - Sapa yng bikin nih blog ...
    - Koq gw nggak percya klw bner2 punya'na Alyssa ...
    -
    - Hwehehehe ...
    -
    - Anyway ... Keep blogwalking ...
    - Peace ... =)

    ReplyDelete
  76. ayo kita gebuk rame-rame! ayo kita tuntut rame-rame! ROFL

    ReplyDelete
  77. kl banyak samanya ada dua kemungkinan
    adap tasi ato njiplak. Untuk adaptasi dan nulisin credit title setau gw harus ada ijin dan royalti...nah disini ney masalahnya, mana mau PH ribet2 ngurus apa lagi bayar royalti. makanya hasilnya ya simple aja NJIPLAK.

    gw nda nyalahin pemainnya sey, karena ada kemungkinan mereka tau ini "bener2 mirip" ketika sudah tanda tangan kontrak, lha drpd dituntut ya mending lanjut....

    ReplyDelete
  78. yap...yap...

    knp ga artis indo belajar ama artis korea...
    mereka ntu g perlu marah2 lebaii ga jelas biar membuktikan klo mereka pemeran antagonis...
    cukup dengan pandangan mereka, cukup dengan aura mereka aja gw dah ngerasa mereka jahat...
    hahaha *10 thumbs for Korean artists!!!*

    sinetron indo kebanyakan yg peran jahat kerjaannya melotot2 ga jelas, senyum2 ga jelas, triak2 ga jelas n musti ada backsound kyk *"jeng jeng jeng" biar membuktikan klo mereka jahat...
    ga ada alasan yg jelas knp mereka jadi jahat... itu yg sebenrnya buat drama indo keliatan lebay...
    n dimana2 ga ada orang jahat tanpa alasan... ga ada orang jahat dilahirkan langsung jd jahat...
    trus klo sedih, artis korea bener2 mendalami karakter yg mereka mainkan... jdnya qt jg ngarasin apa yg terjadi...
    sdngkn di indo, kerjaannya nangis mulu...
    ga ada aura yg memancarkn karakter yg dimainkan...

    kyknya yg musti dijiplak ntu adalah keahlian mereka berakting, bukan dramanya...

    btw, SHINING INHERITANCE SEGERA DI INDONESIA...
    dah tw kan channelnya apa... hehehe

    bwt Mbak icha, tetep semangat n dalami akting lebih baik lagi...
    biar aktingmu jd bener2 natural...
    SEMANGAT!!!

    n bwt sinemart Hati2 ama netizen korea...
    klo mereka tw byk drama negara mereka dijiplak tanpa ijin, ngamuk dah mereka...
    sebaiknya minta ijin k pembuat naskah aslinya.

    ReplyDelete
  79. mm,aku denger2 cerita KDB mau direvisi ulang

    ReplyDelete
  80. klo diliat dr kseluruhan, ini sih buka terinspirasi, tp bnr2
    jiplak. di indonesia ga dikit orang yg suka nonton drama asia. jd mereka pasti bs bedain itu jiplak apa terinspirasi.

    sebaiknya ini di omongin sm sinemart. malu ga sih stiap film hampir mirip2 sm drama luar trs. pastinya bs menghasilkan yg lebih dong.

    beda artinya klo terinspirasi. kl terinspirasi ga mungkin kan adegan sedetil tas ketuker aja sampe sama?? dan adeknya yg bermasalah??

    yaa smoga ada tindak lanjut aja dr sinemart. untuk para artisnya, smangat!

    ReplyDelete
  81. btw g bingung d
    kok ga ada acara gosip ato apalah itu yg pernah bahas soal sinet jiplakan ya ?

    padahal kalo lagu jiplakan pernah tu dibahas....

    andai ada acara yg mau secara terang2an bongkar kebobrokan sinet indo, g pasti rajin ntn tu acara deh.....

    SI hwaiting
    AIREN kita tunggu aja mana yg ratingnya lebi bagus, SI kita tercinta ato sinet menyebalkan ini......
    >.<

    ReplyDelete
  82. woy para pencinta film korea...
    coba di cek dulu di hati kalian semua..
    hafal ma sumpah pemuda ga??
    lagu nasional hafal ga?
    proklamasi hafal ga?

    korea itu bangsa yang lemah bersatu aja ga bisa... sedangkan kiita negara kesatuan indonesia....
    jadi para pecinta korea itu sadar dirilah..
    lo pada hafal jalan ceritanya "PEMUDA NUSANTARA" ga???? pasti banyak yang ga tau...
    kalo tau kastau gw....
    dan gw ga PENGECUT yang ga berani ngasih nama...

    ReplyDelete
  83. umm umm..
    bwt komen di ats gw, gw bingung deh...
    qt lg ngomongin sinetron kn??
    hoho..
    gini de, gw bukan pecinta drama korea, tp gw tetep ga terima n ga suka sama smua sinetron Indosia. g'da yg bnr2 bmutu, nangisnya lebai, jahadnya apalagi, melotot2 doang ikan juga bisa, :p wkwkw piss deh
    udah gitu, jiplakan smua lagi,, hedeeh...
    Qpikir orang indonesia masi pnya banyak stok orang kreatif de...
    bharap aj de, smg ad film indonesia, sinema, sinetron, serial yg bnr2 made in Indonesia, dr cerita, dsb yg bagus n bmutu..
    dan smoga bintangnya Elo dah Cha... banzaaiii!! hagzz

    ReplyDelete
  84. bngung ma comment 2 diatas gw. Gw cinta film2 korea, drama korea dan segala hal berbau korea, tp bukan berati gw ngga cinta ma Indonesia kale.

    lo mank mau bangsa kta dibilang bangsa plagiat? ngga kan? maka dari itu kita yang cinta ma bangsa ini harus buat bangsa ini maju dan plagiatisme bukan merupakan cara utk maju.

    stuju ma anonymous comment sblum gw.
    ini bukan soal cinta ato ngga cinta kita ma Indo.. kita disini ngomongin soal penjiplakan.

    ReplyDelete
  85. Kasian ma kak alyssa yg blognya jadi dipenuhin ma bini2 ny seung gi. ^^
    Ngerti si, kak alyssa ngga bsa disalahin juga, slny kak alyssa kan pemain.
    banyak bngt drama2 indonesia yg jiplak sinetron asing tanpa nyantumin kredit.
    beberapa dr itu..
    # Shining Inheritance - Kejora dan Bintang
    # Pure 19 - Cinta fitri
    # U r My Destiny- Nikita
    # My Girl - Benci Jadi Cinta
    # Princess Hour - Benci bilang cinta
    # trus dulu Sassy Girl Chun Hyang, at the dolphin bay, fantastic couple, meteor Garden (drama ny mulan jamelah, ari untung) @@

    kcewaaaa bngt ma sinet indonesia.. @@
    pdhl kta punya bnyk generasi muda yg berbakat, napa si hrus jiplak drama asing tnpa nyantumin kredit???

    ReplyDelete
  86. edit..
    mksdny.. fantastic couple - mulan jamelah ma ari untung..

    ReplyDelete
  87. tapi posisi kita (kdrama lover) itu serba salah BANGET lho.

    kalo kita ngelapor ke Korea, bisa dipastikan netizen KOrea bakal MARAH ABIS dan illfeel ma IND. nah kalo udah gitu, bisa dipastikan juga lho, ga ada artis Korea yang diperbolehin (dan mau) dateng ke IND. kalo udah keik gitu, hai para jiplakers, lo bisa ngomong apeu? lo udah bikin orang-orang ga bersalah banyak yang susah..

    eh, kak alyssa, jangan diem aja dong... ngomong! selidik punya selidik, banyak yang sebel ama kakak lho sekarang.

    ReplyDelete
  88. GW PUNYA FIRASAT YANG SANGAT AMAT SANGAT BURUK. SEPERTINYA SINEMART SEBENTAR LAGI AKAN MENJIPLAK YOU'RE BEAUTIFUL. TIDAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!


    TTATT

    ReplyDelete
  89. gila. ngeselin banget. lama-lama ni sinetron makin ga nyambung aja.. masa nangis ampe kayak gitu si?? ga segitunya kali. si eunsung aja (karakter yang kalian jiplak) ga nangis" ampe begitu deh. dia kan maish tetep ceria.. kayak manusia biasa lah. dan dia juga punya sisi jahat. ga baikkkkkkkk dan polossssssssss tok. bukan manusia itu namanya.

    dannn si peran antagonis (siapa namanya gw gatau, dan sayangnya ga pengen tau juga) makin lama matanya makin guedhe ya. takutnya ntar ga bisa balik tuh. kan kasian. wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  90. please dong, jangan jiplak2 drama luar. pake ide cerita sendiri apa susahnya sih? terinsipirasi si bole,tp pake KREDIT dong, kasian kan orang sana kerja susah2, disini kita tinggal main jiplak aja.

    ReplyDelete
  91. Kasian mbakny
    Blognya diserbu sama orang-orang pecinta drama korea..... Mungkin ini dah jadi kayak akumulasi kekesalan kita kali ya.
    Bentar lagi kan drama aslinya bakal tayang di stasiun TV terbang,jd kebenaran bakal terungkap...

    utk Daeji Toki.. (lucu namanya.. hahahaha)
    mungkin YAB bakal dijiplak... tp Iris ngga bakal bisa.. hahahaha. XD ^^
    siapa yang bakal bsa menggantikan posisi ajjushi2 dan ajuma2 keren. ^^ hahahaha.

    ReplyDelete
  92. wah...wah.... aku setuju bgt sama yg namanya credit.. bisa minta tlg gak sama kak icha utk bilang ke pihak PH buat nulis credit INSPIRED BY SI..... coz itu slh satu Kdrama fav ku xp tapi bukan b'arti gx suka produk lokal lho hehehehe :D
    @ShineeGirl (brasa lagi baca kboyband SHINee): mangnya Indo dah punya cukup modal buat bikin sinetron kayak Iris?? kurasa blom baik dari segi duit maupun pemainnya (hehehehe ) peace :D

    ReplyDelete
  93. Kalau aku sebagai pengemmar film drama korea dan pengemar berat shining inheritance berpendapat bahwa sinetron indonesia sama sekali gax ada mutu dan gax ada kreatif-kreatifnya karena itu tak pantas ditonton. Aku setuju bgt ama temen2 yg bilang bahwa harusnya KDb mencantumkan credit (Tapi aku tau kok itu gax bisa soalny ini sinetron ngejiplak secara ilegal gax kyk hanadan dan BBF). Apalagi di belakang sinetronnya ada tulisan "cerita ini hanya fiktif belaka KESAMAAN NAMA TOKOH ATAU CERITA...". Ini yg bikin kesel bgt!!! Tapi sebenernya kalau ada credit pun aku tetep bakal benci bgt ama ni sinetron.

    Untuk Icha, sebenernya gax nyalahin2 bgt sih, cuma kalau uda tau sinetron jiplakan gax usa diterima. APalagi nanti cuma bakal jadi bahan olok2an fans korea sejati yg membanding2kan icha ama si Han hyo joo.

    Btw gw baru tau youre my destini sijiplak nikita. Hueek, harusnya gax usa ditonton tu nikita!

    @satria wiratama
    Indonesia bgt sih loe. Situ apal emang sumpah pemuda. Pasti kerjaannya nonton seintron tiap ari dan bisa menerima sgala sinetron jiplakan yg ada.

    ReplyDelete
  94. YAB curiga djiplak bntar lg?
    oke, klu emang iya, para istri Jang Geun Seuk, mari qt sama2 demo k gdung MPR bwt nuntut keadilan! hahaha
    bknnya gmn2, tp gw udah sabar sesabar2nya ngeliat kdrama/dorama DJIPLAK ama sinetron indo, dan jumlahnya tuh BNYK BGT! speechless gw!
    bwt icha jg, sori tp skrg image lu udh g sebaik dl d mata gw...ksannya elu milih yg kontrak yg duitnya gede tp g diliat isinya
    lagian icha jg pasti pnya otak

    ReplyDelete
  95. Informasi
    Shining inheritance baru saja menang sbs awards (kalo ngga salah totalnya 7)
    Best couple : lee seung gi + han hyo joo
    Best special planning actor : lee seung gi
    Best special planning actress : han hyo joo
    Best acting award (actress) : (yg jd ibunya seung mi)
    Top 10 pmain drama : bae soo bin, seung gi, hyo joo

    Ngebuktiin klo drama ini memang keren banget. Dah, semua, nonton aja drama aslinya sebentar lagi di stasiun tv swasta ikan terbang.

    ReplyDelete
  96. Gw tlat bngt liat tread ini. Gw disini nyoba mikir bijak aja. Ud bnyk bngt sinet2 indo yg ngebajak drama korea dlm arti niru2 jln cerita dsb dan baim wong LAGI2x yg mranin drama bajakan ini. Hal ini ngga bsa dibiarin berlarut2.

    Ini bkn berati gw ngga cinta bngsa ini lo *kyk yg dibilang ma satria ....* ini krna gw cinta bngsa ini n ngga mau bngsa ini d jlek2in d tmpat lain.

    Back to the topic, gw si cm nnton awal2 ny doang.. Mpe sktr eps 5 and critanya 80-90 prsen mmang sama persis dan gw blum liat skrng gmana, jd klo icha blng terinspirasi doang, kykny ngga deh..

    Stuju kredit dunk! Pnggemar si butuh yg nmny kredit, biar drama kgemaran kta itu dihargai n dapet hak2 yg sharusnya didapatkan.

    @shinee girl
    Kykny ngga bsa indo utk saat ini buat iris, stuju ma lo. Dari segi biaya (mendingan utk nyumbang k orng ngga mmpu) dan pmain (jngn blng nnti baim wong lg yg main) hahaha.

    @prillia
    Stuju.. Ap yg lo lakuin pas taw drama itu bajakan cha?

    @fans2 YB
    Gw jga ngga rela, bkn nya ngeraguin, cma mereka dah pnya posisi di hati kta masing2, y kan?

    Btw. Dulu ad sinetron nya si rafi ahmad ma velove jga niru drama asing, jdlnya she's the man.

    ReplyDelete
  97. telat bgt sih tp dari ada enggak sama sekali mending tetep ngucapin kan?
    "HAPPY BIRTHDAY "
    waktu baca tulisan2 lo di blog ini, sesuai banget dengan karakter lo dimata gw.
    I know what the inside of your heart, whatever many people said about you, dont listen it and just be yourself.. do the best and make the best thing for your life and many people who love you so much..
    if I have one chance to meet you it will be the best thing for me..
    :)
    good luck for you

    ReplyDelete
  98. sorry gw anak bangsa yang akan mempertahankan NEGARA ini sampai mati... tidak akan satu jengkalpun tanah, laut, udara yang ada lepas dari bingkai negara kesatuan republik INDONESIA..
    saya sudah pernah mempertahankan negara ini,,
    bisa dicek apapun tentang indonesia... apapun yang terjadi di indonesia ini sejelek apapun jagan kita saling menyalahkan kita dukung segala produk dalam negeri...
    seburuk apapun sejelak apapun negara ini,negara ini tetap negara kita... inget baik baik..
    kalo emang punya ide ga usah ngatain..
    datang ke suatu PH sampaikan... ato emang lo berjiwa seni dateng ke TIM
    bahkan kalo emang lo siap mati buat negara gabung sama sodara-sodara kita di TNI dan POLRI, tapicukup dengan mencintai barang apapun produk dalam negeri lo juga sudah menjaga NKRI ini kok...
    sadar ga lo secara tidak langsung kita dijajah sama bangsa lain secara ekonomi dan budaya..
    kalo mau tau "we were soldire" film amerika itu JIPLAK film VIetnam... tapi di propaganda menjadi amerika yang menang,, padahal aslinya kalah...
    contoh film korea kita buat ke indonesia,,, kalo emang bagus nonton, kalo engga ya beri apresiasi dong...

    ayo dong kita bangsa yang besar... jgn saling menghina menjatuhkan satu sama lain, kritik boleh sampaikan dengan baik, punya ide sampaikan juga dengan baik.. jangan kita saling menyalahkan.. jangan kita membela tetapi menghancurkan bangsa sendiri...
    gw suka film FTV yang main di jogja, pake gaya medan,dll. itu mengankat daerah agar di kenal...
    siapapun yang baca:
    ayo sama sama kita tanamkan dalam hati KITA BANGSA YANG BESAR...
    tidak usah mendengar kata orang lain.. tapi buat diri kita sendiri, kita rubah mulai dari diri sendiri..

    maaf kalo ada menyingung perasaan.. kita membutuhkan bangsa yang modern, tetapi jangan pernah meningalkan jati diri kita sebagai PUTRA BANGSA:
    berbangsa satu, bertanah air satu, berbahasa satu.. yaitu INDONESIA

    ReplyDelete
  99. Airen so much..

    ekekekekekekekek dah sedikit di ubah kya nya yak jalan ceritanya..
    btw.. klo YAB juga mo di plagiat in.. tanggung yg model kya IRIS aja tuuw plagiatin ekekekekekekeke
    perlu modal gedee... **ngo gini sambil mikir.. kapaan bs ada Agen seganteng byung hun oppa** ekekekekekekkee

    CREDIT LAEN KALI YA...
    SAMPEIN TUUH KE RUMAH PRODUKSI..BUAT SINET APAPUN SELAMA MENCANTUMKAN CREDIT KLO MEMANG MO NIRU YAA KAGAK MASALAH..
    YG PENTING SECARA GENTLE EN TERANG2AN AJA LAAH
    JANGAN NGAKU2... PAKE BILANG INSPIRASI SEGALA..HALLLLAAAAHHHH KAGAK MANUSIAWI EKEKEKEKEKEKEKKEKE !!!!!!!

    ReplyDelete
  100. @satria
    duuh de
    satu kata... loe LEBAY.com
    ekekekekekekekek

    ReplyDelete
  101. Tp tolong y tuh sinetron episodena g ush mpe ratusan/ bhkan lebihhhhh .. Mntang" ratingna lg tinggi trus jd dtambah .. Dtambah .. Dtambah .. Dtambah dan trus dtambah .. Sampe akhirna ngiliuk" kaya uler .. Mmmmmm ..
    Emangna mau y d bil saingan episode ma sinetron dulu tuh yg nmana TERSANJUNG ..
    Lgian bosen ja klo klamaan .. BT ... Pa lg klo critana udh g jlas ..
    Sory dory mory stowbery nih ...
    Tuk icha .. Sukses slalu ja :)

    ReplyDelete
  102. icha protes dikit dunk ke sinemart klo dramax jiplakan !!!
    mumpung yg tahu bru dikit klo drama icha jiplakan. gmn jadix klo brilliant legacy nya diputer minggu depan, bukankah tambah malu byk yang tau....
    knp sich indo g bs bkin drama bgus dkit yg mengandung unsur pendidikan n berbobot gt...ptes klo qt sering disebut plagiat...
    icha cabut ja dech dri drama itu sebelum kna hujat orang byk...
    sori klo omonganq agk pedas cz q g ingin icha jg diolok-olok krn kasus sepele yang udah makan byk korban

    ReplyDelete
  103. klo mo liat sinopsis shining inheritance fdibandingin bintang dan kejora kalian bisa liat di blog yang q temuin...
    lengkap sinopnya
    www.shinee92.blogspot.com

    ReplyDelete
  104. gw bkan pgn nambah perkara tp selama sinetron indonesia nglakuin hal ini :
    1.ngjiplak drama laen trz xl rating'na uda tinggi ditambah2in jln crta mpe belibet
    2.bkn crta yg g masuk akal trz yg jahat jahat bgt yg baek bego bgt dijahatin diem mlulu
    3.banyak violence tp g nambah wawasan apalagi pendidikan
    4.bkn season pluz cerita yg makin g bermutu
    gw g bkl nonton..
    wat icha..cha laen x xl mlih sinetron ati2
    gw rasa kdb ngejiplak trz cerita'na dipanjangin cz rating'na tinggi
    gw blg ngjiplak dengan alasan :
    jalan cerita kdb ma si mirip bgt..xl cmn inspirasi atw kebetulan g mgkin bakal semirip tu..mana sinemart g pernah blg xl terinspirasi dari drama laen..trz drama di negara laen selalu terang2an bilang xl drama yg mereka bkn tu ambil dari film laen atw sumber laen kyk komik..contoh bbf dari awal drama ne uda diterangin xl adaptasi dari komik hana yori dango..tp...indonesia g pernah terang2an ngaku...cb xl ngaku trz bkn lebih baguz...ntr khan jadi kyk bbf yg nglahin pendahulu2'na..iy g??jadi kesimpulan'na...sinetron indonesia g asyik bgt...mana gr2 ngejar rating kualitas akting atw sinetron pa lagi alur cerita...jadi berantakan bgt..
    oh..y..dl pernah da 1 film indonesia xl g slh judul'na ekskul yg jiplak film laen dari asia timur..

    ReplyDelete
  105. wat satria..tlg omg'na dijaga gw penggemar drama korea tpi gw jg bisa omg sumpah pemuda,gw freak bgtz ma yg nama'na sejarah..mpe gw sering nanya ma opa gw seblum dy alm...crta paz djajah jpg,blanda..teu g??pntu blkg rumah gw blong n opa gw blg tu karena kena tembakan pas blanda nyerang..mpe skrg tu pntu msh awet n g pernah dgnti walau uda jelex..krn wat kluarga gw tu ngingetin n wat jadi bahan pembelajaran yar peristiwa tu g terulang lagi..knp lu bela icha gitu bgt lu suka ma dy?atw demen nonton sinetron?gw juga suka buatan indonesia x..tp xl kualitas n jln cerita'na bguz..film gie gw suka bgtz..aadc..denias...byk...tp...xl sinetron maap lum ada..mgkn juga karena gw jarang liat sinetron..klah ma opera van java..hehe...
    satria gw sx lagi omg xl gw g suka cara lu omg jgn bw2 nama indonesia disini cz ini murni tentang kasus penjiplakan..jgn bw nama penggemar korea cz disini yg ditekankan tu "jiplak"..lagean gw juga g suka ma sinema lepas(gw lpa judul'na) yg jelas bgt ngejiplak film yg dibintangi lindsay lohan judulna Just My Luck..au g knp gw g suka jiplakan??karena tnp ijin niru drama/film laen n g da kreatif'na..gmn mo bguz industri film indonesia??gw jg pgn industri film indonesia bs bersaing di dunia tp xl masih kyk gini g bkl bsa..secuil pun g bsa...contoh denias, laskar pelangi, sang pemimpi, gie, blind pig who wants to fly, dll yg kualitas akting baguz, menghibur n alur cerita'na top abiz...

    ReplyDelete
  106. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_sinetron_Indonesia_yang_mirip_dengan_sinema_lain
    malu gw...mpe di wikipedia da..haduh...
    pariwisata bangkit tp perfilman tambah bobrok...(g nyambung y??)

    ReplyDelete
  107. aku tambahin d...
    http://rosyidi.com/daftar-contekan-film-indonesia/
    http://arukas06.xanga.com/527416380/menentang-sinetron-jiplakan/
    http://www.untuksemua.com/televisi/daftar-panjang-sumber-sinetron-jiplakan-5259/
    gw juga malu teu...

    ReplyDelete
  108. icha mang sbelum ne uda pernah maen sinetron bintang yang mrip ma ptri huan zhu..jadi biasa ja y cha???huekz...

    ReplyDelete
  109. mba icha, kayanya yang bikin scriptnya mesti belajar lebih baik lagi... makin kesini emang uda ga mirip dgn shining inheritance... tapi kog ceritanya makin aneh dan ga masuk akal ya, banyak yg terlalu dibuat2... yang bikin scriptnya siapa sih?

    ReplyDelete
  110. Awas ntar di tegur KPI loh sineteronnya cha gara2 makin sadis ceritanya.....apalagi jam tayangnya sore, byuh byuh byuh makin ruwet ya..
    BTW semoga sukses selalu ya cha di karir dan kuliahnya...

    ReplyDelete
  111. yg namax satria bja htam q mo negesin kalo loe tlalu freak ma indo.lebay tau!malu2in bget snet indo.kalo qt djiplak loe heboh2 dri kyk reog ato lgu2,glran ngara qt jplak loe g mau ngakuin malah belain.loe cowk shrusx jntan dunk!snet indo tuh dah g mendi2k lg.bka mata!
    q emg ska drama krea cz alur bgus,aktg kualts bgus n g NGEJIPLAK.loe g pnah bka stus malay yow kalo ngara qt nich djulki singa kandang alias pengecut.cma cri slah g mau ngku slah.loe dketwain tuh!mkax kalo ksh statemen mkir dlu napa.klo loe ngku cnta indo n blain,loe dah bkorbn pa?krtik qt nih tuh brsft mbgun.kalo smua org ksh krtik kyk elo,sinet bkal mjadi2.
    smua jg bjuang tp bda tjuan.pa slahx qt mengur org yg pjuanganx slah lwat jaln PENJIPLAKAN!
    loe jg hrs tau nton snet indo=menebr perlaku terburk.ni bhkan dah diuji be2rapa lsm.loe tau kalo nton drma krea lbh bgus bhkan loe tau yg jd peran di KB lbh lebay n byk ke2rasan.
    bhkan da org korea kmen diatas kalo dy kcewa ma indo krn ngejplak.kalo q jd org krea,bkalan gue tuntut dech!

    ReplyDelete
  112. flm kejora bintang emang ok bngt pa lagi yg main kak icha.....

    ReplyDelete
  113. saya suka nonton brilliant legacy / Shining Inheritance. ceritany emang mirip bangeett sama kejora dan bintang. tapi mungkin sama sutradarany agak di edit2 juga. kalo di korea adikny cowok, kalo sinetron ini cewek. dan pemain antagonis disinetron ini jahatnya kebangetan. kalo di korea gak segitu banget jahatnya. untuk sekadar saran kalau pun mau ngejiplak setidaknya di ide cerita itu tulis juga nama ide cerita yg orang koreany. trus tulis juga kalau memang terinspirasi dari drama korea brilliant legacy. karena kalau disimak kebanyakan sinetron kita emang ngejiplak mau dari korea, taiwan, china, jepang, bahkan hollywood maupun india. yach, kapan mau buat cerita yg emang asli indonesia ?? trus, kenapa juga sih ada aja yg mau main sinetron striping, apa gak pusing tuch ? ceritanya berbelit-belit kemana-mana. sampai lebih dari 100 episode.

    ReplyDelete
  114. icha, kan main sinetron lagi liburan nich ? seandainya, episodenya ditambah makin banyak lagi, apa tetep mau main trus ? atau mau ke ausi lgi dan berhenti main sinetronny ?
    lebih mentingin pendidikan atau karir nich ??
    oh, y gosip sama pasha bener gk sih ?
    kalau aku liat pasha itu kan lebih tua dari icha, pantes juga jadi kakak kalee.

    ReplyDelete
  115. sinetron kejora dan bintang emang mirip sama serial korea brilliant legacy / Shining Inheritance. tapi makin kesini cerita kejora dan bintang jadi makin kemana-mana dan ribet aja dech ? wuuh, kira2 mau ampe berapa episode tuch ? yang ada yg nonton jd bosen sndri. kalo serial korea kan episodeny jg gak sebanyak sinetron yg ada di indonesia..

    ReplyDelete
  116. kapan sih indonesia bisa buat sinetron yg bagus dan bermutu ? yg ada ngejiplak trus dengan cerita berbelit-belit dan ratusan episode. andai aja gk ada yg mau nonton sinetron ? pasti bangkrutlah... makany kalo bisa buat dong cerita yg orisinil karya anak bangsa sendri tanpa harus ngejiplak sanalah sinilah ?? pusing dech !!! harusny juga artisny kalo ditawarin main sinetron tuch pilih2 juga, jangan asal main doang krn pengen honor aja ! kalau mau juga buat sinetron tuch jangan sampai episodenya tuch terlalu panjang ! yach, kpan indonesia mau maju kalo kayak gini trus ???

    ReplyDelete
  117. HARUSNYA KALAU MAU BUAT CERITA SINETRON TUCH YG BERMUTU DONG ? DAN JANGAN JIPLAK ? BANYYAAK BANGET SIH NGEJIPLAK DARI MANA-MANA?? HARUSNY KITA GAK USAH AJA SEKALIAN UNTUK NONTON SINETRON2 !!! APALAGI SINETRON YG NGEJIPLAK ?? LEBIH RAME NONTON DRAMA KOREA ASLINYA, ATAU APALAH YG PENTING BUKAN SINETRON INDONESIA !! HARUSNY ADA YG DEMO NICH, SUPAYA SINTERON TUCH BUBARIN AJA SEKALIAN.....
    KAPAN INDONESIA MAU MAJU ? YAH, KALAU KEADAAN SEPERTI INI WAJAR AJA KALAU INDONESIA DIPANDANG RENDAH SAMA NEGARA LAIN.
    BUAT PARA ARTIS JUGA, HARUSNYA JANGAN MAU MAIN SINETRON. LEBIH BAIK JUGA MAIN FILM, KALAU SINETRON KAN KEBANYAKAN STRIPING DECH !!

    ReplyDelete
  118. YAH, MENDINGAN NONTON DRAMA KOREA DARIPADA SINETRON INDONESIA !!!
    SINETRON LEBAYYY BANGEETT........
    UDAH NGEJIPLAK, CERITANY RIBET KEMANA-MANA ? DAN PEMAIN ANTAGONISNYA KEBANGETAN BANGET.
    TERLALU LEBAYY....
    KALAU ADA NEGARA LAIN YG NGEJIPLAK CERITA DARI INDONESIA SENDIRI GIMANA PERASAANNYA ?
    MAKANYA JANGAN NGEJIPLAK ??
    KAPAN INDONESIA MAU MENICIPTAKAN KARYA YG BAGUS ??

    I LOVE KOREAN DRAMA

    ReplyDelete
  119. JANGAN JIPLAK TERUS DONG KALAU BUAT CERITA SINETRON TUCH ?? GAK KREATIF BANGEET SICH !!!
    AMPUUN DECH, MENDINGAN KITA TUCH JANGAN TERLALU NONTON SINETRON. KALAU MAU NONTON FILM KOREA ATAUPUN FILM LUAR DECH !! INDONESIA KAYAKNY PAYAH CERITANY GAK ADA YG BAGUS....
    BUAT PARA PH SINETRON / FILM BUAT DONG CERITA SENDIRI, JANGAN SEKALI-KALI LAGI JIPLAK DARI LUAR ??
    BILANGIN TUCH, ICHA SAMA PARA PH NYA !!!
    ICHA, KALAU UDAH SELESAI LIBURAN KULIAHNY MENDING KE AUSI LAGI. SINETRON INI UDAHAN AJA, KALAUPUN EPISODENYA DI PERPANJANG JANGAN MAU MAIN LAGI. TERUSIN KULIAH AJA ! BIARIN AJA, KALAU EPISODENY DIPERPANJANG BIAR CARI AJA PEMAIN GANTI YG LAIN. JANGAN MAU MAIN LAGI, YACH !!!
    BIAR TAU RASA TUCH PH NYA

    ReplyDelete
  120. ICHA, BILANGIN TUCH SAMA SUTRADARA ATAU PRODUSER ATAU PH NYA JANGAN NGEJIPLAK DONG ??? GAK ADA KREATIFNYA BANGET SIH ???
    BUAT PARA PENCINTA KOREA, KALAU PERLU KITA DEMO NICH BIAR GAK NGEJIPLAK LAGI. AYOO.... KITA DEMO !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  121. UDAH SINETRON KEJORA DAN BINTANG DIHENTIKAN AJA. BUAT PARA PEMAIN JANGAN MAU MAIN SINETRON INI LAGI !!!
    JANGAN JIPLAK DOOOOOONGGGGGGGG.......................
    BUBARIN AJA TUCH SINETRON INI.
    KESEL DECH.....

    ReplyDelete
  122. sebenarnya saya bener2 kecewa ama KDB.. saya itu fansnya seung gi sejati dan tentunya suka bnget nonton SI.. jadi mana ada fans yg seneng film idolanya di JIPLAK ampe seluruhnya itu.. semua temen ku juga merasa Kecewa

    ReplyDelete
  123. emang sinetron indonesia tidak mendidik malah mencontohkan hal2 yang nggak bener.

    ReplyDelete
  124. intertekstual yang dikatakan icha dlm tulisan ini sangat tidak tepat.
    Intertekstual bukanlah menjiplak, lagipula dalam intertekstual ttp ada teks induknya. Harap jika anda hendak mengklarifikasi jangan sampai salah teori.
    Ya...kalau memang menjiplak, katakan saja menjiplak. Saya tau anda tidak tau apa2, sbg pemain yang terpenting kan bermain sebaik mungkin. terimakasih.

    ReplyDelete
  125. Sinetron ini memang perlu dihentikan..., sudah benar-benar tidak mendidik, eh ternyata menjiplak lagi..., jalan ceritanya ngaur, terlalu dipaksanakan..., kasian penonton dibohongin terus..., apalagi pemeran antagonisnya terlalu dibuat-buat tidak natural dan tidak masuk akal... hentikan saja.., jelek, jelek, jelek, jelek, jelek...

    ReplyDelete
  126. icha wlu apu pun kata2 mereka kamu kuatkan semangat kamu ya..memg ada benar jg kata2 mereka tp aku percaya sudah rezeki kamu utk bmain dlm KDB..Klu Allah sudah kasih rezeki ngak mgkn kamu nolak..tp aku jg ngak puas hati dgn bbrapa org yg memberi kritikan yg sgt tidak membina..kritik itu boleh tp beri kritikan yg mbina bkannya mghancurkan..smoga pihak yg dikritik tidak sakit hati dan mnerima kritikan itu utk brusaha mhasilkan yg lbh baik..Apapun icha SEMOGA BERJAYA DLM PENDIDIKAN DAN KARIERNYA..AKU DISINI MENDUKUNG KAMU 100%

    ReplyDelete
  127. saya pon same...kuatkan semangat yarh kak icha...usah peduli omongan kosong mereka...he3,,,jg marah yarh sesiapa yh terasa tuh...sbr2

    ReplyDelete
  128. Icha..today is the final episod for kejora n bintang yg di tayangkan di Malaysia. Ending yg sedih n yet romantic n bg kepuasan bg penonton.
    Kakak suka lakonan kamu icha. Boleh kakak jadi kakak angkat kamu ngak?
    ~k.hani~

    ReplyDelete