27.12.09

25 Desember 2009

18.

Angka yang tepat untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada..

Tepat pada tanggal 25 Desember 2009, bertambahlah angka untuk umur Icha..

Banyak sekali hal-hal yang terjadi selama 17 tahun terakhir..

dan disinilah proses pembelajaran dimulai..

Suka dan duka telah Icha lewati dalam setahun terakhir.. Banyak kejadian-kejadian yang terjadi.. Dan itulah proses pembelajaran..

Dimana Icha sangat diuji agar bisa menjadi orang yang lebih baik lagi..

Kehidupan bagaikan sebuah buku tak bergambar. Tak ada tulisan maupun warna. Yang terdapat di dalam buku tersebut hanyalah kumpulan-kumpulan kertas kosong yang ditumpuk menjadi satu..

Dan diri kita adalah pemilik sah dari buku tersebut..

Lembar demi lembar telah terisi dengan penuh warna dan juga tulisan.. Bahkan mungkin bisa juga terisi dengan coretan-coretan yang abstrak.. Dan semuanya terisi sampai tidak ada sisa.. Hingga kini.. Telah banyak gambar, warna, tulisan, dan juga coretan dalam buku tersebut..

Kita tidak akan pernah tahu sampai kapan kita bisa dan mampu mengisi buku tersebut.. Apakah sampai akhir? Ataupun hanya setengah.. Kita tidak akan pernah tahu..
Tetapi sebagai pemilik dari buku tersebut, tentunya kita ingin setiap lembar yang ada diisi dengan segala sesuatu yang indah, berwarna, dan juga menarik..

Sayangnya, terkadang kita tidak pernah bisa mengendalikan itu semua.. Semua perasaan, kejadian yang kita alami di dalam kehidupan kita, terukir manis dalam buku tersebut.. Baik suka maupun duka.. Baik sedih maupun senang.. dan juga Bahagia ataupun buruknya kejadian tersebut.. Bahkan, mungkin, bisa saja tanpa kita sadari ada beberapa lembar yang isinya tidak ada warna-warna cerah.. Yang ada hanyalah warna-warna kelam dan juga gelap..

Meskipun kita sebagai pemilik tetap buku tersebut, namun banyak orang di sekeliling kita yang juga membantu mewarnai lembaran dalam buku itu dengan warna yang mereka sukai.. Entah apa maksud mereka, ingin membuat buku tersebut terlihat semakin indah dan menarik atau hanya indah diluar namun di dalamnya tidak seindah luarnya..

Akan tetapi, semua itu tidak akan pernah bisa terhapuskan.. Dan itulah kehidupan yang telah kita jalani.. Dimana segala sesuatu yang terjadi.. Semuanya datang dan berlalu.. Tanpa kita pernah ketahui kapan dan kepastian dari hal-hal tersebut akan datang dan mewarnai lembaran hidup kita.. Namun, lembaran-lembaran yang telah tergoreskan oleh segala sesuatu yang ada menjadi sebuah pembelajaran untuk sang pemilik.. Bagaimana mereka belajar untuk bisa membuat lembaran selanjutnya menjadi lebih indah dibandingkan sebelumnya..

Lembaran kertas itu tidak akan pernah bisa sempurna.. Keinginan kita untuk membuatnya seindah mungkin sehingga menjadi sempurna, itu adalah hal yang tidak pernah bisa terjadi.. Kita sebagai (manusia) pemilik dari buku itu hanya bisa memberikan harapan dan juga keinginan dalam kehidupan kita, dan kita membuatnya se-sempurna mungkin agar bisa terlihat sempurna di mata kita, di mata semua orang.. Tetapi, se-sempurnanya jalan yang kita ambil, tetap saja ada kerikil-kerikil kecil yang menghalangi agar jalan tersebut jauh dari sempurna..

Di setiap lembar yang ada, pasti pernah terisi oleh noda-noda tinta yang jatuh di kertas itu dan yang membuat lembaran tersebut menjadi tidak indah..

Tetapi, semua sudah terlanjur dan kita tidak bisa menghapusnya.. Sekeras apapun usaha kita untuk menutupinya, akan tetap tersisa dikit noda yang ada.. Tidak akan pernah bisa 100 % terhapuskan.. Hanya ada satu cara untuk bisa menutupi noda yang telah menodai lembaran hidup kita: Menjadikannya sebagai sejarah dan contoh untuk masa depan.. Karena, perlahan-lahan, noda itu akan tertutup dan tertimpa.. Sehingga tidak terlalu mencolok lagi :)

Semua balik lagi kepada diri kita.. Apakah kita ingin lembaran tersebut hanya terisi dengan warna-warna kelam dan gelap, bahkan terkesan monoton, atau kita ingin berusaha merubah itu semua menjadi lebih indah dengan cara mebuka lembaran baru dan belajar dari semua lembaran-lembaran lama..

Kita tidak akan pernah bisa menghapus semuanya.. Tetapi, dengan menutup lembaran lama dan memulainya dengan yang baru, adalah langkah awal yang kita ambil agar bisa menuju ke jalan yang lebih indah.. Yang lebih berwarna..

Dan lembaran itu terbuka pada tanggal 25 Desember 2009.. Seiring dengan bertambahnya umur, lembaran baru pun terbuka.. Lembaran yang masih polos, tidak ada noda, coretan, warna, atau apapun juga..

Disinilah awal kehidupan di usia yang bertambah di mulai.. Dan kita lihat, bagaimana lembaran tersebut terisi...

Satu hal yang harus kita yakini, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan yang terukir di dalam buku tersebut, akan selalu ada Allah SWT yang setia melindungi kita di dalam keadaan apapun dan dimanapun.. :)

Happy Birthday, Anindya Alyssa Soebandono..

34 comments:

  1. Selamat ulang tahun y cha,smoga buku yang kamu miliki sekarang dapat kamu isi dengan penuh kebaikan dan tanggung jawab,sehingga warna bukumu skrg lebih indah dr bukumu sebelumnya. Amien.

    ReplyDelete
  2. selamat ulang tahun,,,
    kalo boleh ngasih tambahan,,,
    di akhir dari buku itu kita gambar impian kita, agar semua oretan dan warna pada buku kita jadi lebih menarik, yang pasti untuk mewujudkan impian pada akhir hal buku tsb.
    semoga Allah SWT selalu membimbing icha dalam mengisi lembaran hidup icha,,,
    Amiiin,,,

    ReplyDelete
  3. hai...
    dari penggemar Alyssa nih. pengin ucapin Happy birthday yah! semoga panjang umur, sehat selalu, dan diberkatin selalu yang terbaik oleh yang diatas.
    Semoga segala mimpi dan tujuannya dapat tercapai.
    XD

    -hr-

    ReplyDelete
  4. hi
    selamat ulang tahun ya Alyssa...
    semoga kedepannya yang tertulis di bukunya menjadi berwarna dan segala cita2 terwujud di umur yang baru ini :)

    "If there's something that you're dreaming of then may it all come true, because you deserve it all...HAPPY BIRTHDAY"

    wl

    ReplyDelete
  5. Sebuah perkataan yang sangat bagus....Semoga dalam buku yang baru ini kamu bisa membuat buku itu jauh lebih baik dari sebelumnya, dan izinkan aku membantu kamu melukis, menulis, mewarnai buku itu menjadi sebuah buku yang Sangat Indah....

    Happy BIRTHDAY my sweet Heart..

    ReplyDelete
  6. hey,happy belated birthday Alyssa...
    may all your dreams come truE!!!
    =)


    [-J-]

    ReplyDelete
  7. met ultah ya cha. maaf baru bisa commentny hari ini. icha tulisannya di blog bagus smua. knapa icha ga jadi penulis aja. tapi sukses ya buat icha.

    ReplyDelete
  8. When I look at you, I can’t deny there is a God, cause only God could have created someone as wonderful and beautiful as you. Happy B'day

    ReplyDelete
  9. Selamat ultah ya cha , km mkn cntk aj...smg km jodoh sama aq nanti kucubit pipimu hingga merah haha,maaf km lucu sih ,moga tmbh dewasa dlm berfikir dan tambh perhatian dg org yg tlh jauh2 menyayangi yang km sendiri tak mngkn menyadari, Termasuk Aq hehe. lh beneran nih hehe

    Ohya Pernyataan :
    "Seiring dengan bertambahnya umur, lembaran baru pun terbuka.. Lembaran yang masih polos, tidak ada noda, coretan, warna, atau apapun juga.."???
    Ini Salah cha...noda pasti ada meski tertutupi...polos itu hanya waktu kita kecil,
    maaf agk sdkt tersinggung, dikehidupan kta gk ada pengakuan dosa ( dosa kta hilang stlah kta taubat ato ngaku ke org2_)dosa masih ada cha..cuma bagaimana kta menambah Kepositifan kta untuk menstabilkan hukuman kta kelak.
    Memang dalamnya hati siapa yang tau ...kembali ke pernyataan ku yang pernah aq sampaikan: karena kebaikan mu pada tuhanmu, ada orangtuamu dan teman2 dan orang2 ..maka kamu akan mendaat bonus dari perbuatanmu didunia namun tak menutup di akherat kelak.

    Semoga sukses di tahun depan aj deh

    Kreitz
    the_kreitz@yahoo.com,thekreitz@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Happy b'day icha..
    Semoga di umur baru ini,kita dapat lebih bermanfaat bagi orang lain dan diri kita sendiri..
    Trus lah berkarya di atas lembaran2 kertas yg menjadi saksi hidup kita itu..

    ReplyDelete
  11. Hai icha..
    Gw sebagai salah satu dari sekian juta penggemarmu mau ngucapin selamat ulang tahun yah yang ke-18..ini ialah usia awal menuju kedewasaan. Semoga icha makin bertambah dewasa dalam menghadapi masalah, bertambah cantik n manis, serta selalu sukses dalam karir dan studiny di Australia sana..
    Oya,buat alyssa lovers yang juga merayakan natal barengan ama gw, sekalian juga deh ngucapin selamat merayakan natal semoga kelahiran DIA di hati kita semua semakin menambah semangat kita dalam menyebarkan damai dan kasih kepada semua orang. Amin 3x..

    Best Regard,

    Bambang Siahaan
    (siahaan_uib@yahoo.co.id)

    ReplyDelete
  12. Happy Milad ya caa....
    Semoga keinginan-keinginnya tercapai, aamiin...

    ReplyDelete
  13. selamat ulang taun cha,,
    semoga di akhir-akhir teenagers ini icha bisa memanfaatkannya dengan baik dan menjadi lebih baik di segala hal,,,
    AMin,
    :)

    ReplyDelete
  14. Hai.. Happy Birthday Cha..
    d umur yg ke 18 ini smoga Icha bs mewarnai dan mengisi buku gambar Icha dgn warna" yang indah.. smoga Allah selalu menuntun Icha dlm mengisi lembaran" itu..
    selamat berkarya, smoga bs lebih baik dr sbelumnya!!

    ReplyDelete
  15. asslm.. Icha, met milad ya..!! maaf baru ngucapin skrg.Q ngefans bgt ma km... semoga d ultahmu yg ke18 semua yg km impikan bs tercapai. Sukses buat sinet KDB..!! Akting km keren Cha.

    ReplyDelete
  16. Hi icha, happy(belated) birthday to you! ;)

    May this birthday be just the beginning of a year filled with happy memories, wonderful moments and shining dreams. What the most important things is, live strong girl..!

    I've dedicated your birthday at my blog! You're welcome to visit..http://nur-misuari.com/2009/12/selamat-hari-ulang-tahun.html ^_^

    ReplyDelete
  17. Maybe is too late to say this but what ever..
    I wanna say
    Happy B'day cha..
    Wish U all The Best..

    ReplyDelete
  18. Selamat ulang tahun ya alisa...mg sukses dalam segala hal. dari pengemar beratmu

    ReplyDelete
  19. happy birthday icha :)

    ReplyDelete
  20. selamt ulta mbak semoga tambah sukses dan panjang umur selalu

    ReplyDelete
  21. Selamat ulang tahun Icha, semoga hari-harinya penuh dengan kebaikan

    Sukses selalu ya ^^

    ReplyDelete
  22. happy bday icha..
    wish u all the best.. :)

    ReplyDelete
  23. blog walking alyssa
    wish you all the best

    bang dunia
    http://www.bangdunia.web.id

    ReplyDelete
  24. happy b'day icha..maaf aku agak lewat wishnya..apa2 pun smoga kamu panjang umur, dimurahkan rezeki, sihat sentiasa, dilindungi tuhan, sabar menempuhi dugaan & apa pun cobaan..study smart yaa?? =D
    love u..

    ReplyDelete
  25. Thank you for writing this, cha. I need it. -G

    ReplyDelete
  26. met ultah icha, moga sisa umurnya barokah.
    tetep eksis ya di layar kaca

    ReplyDelete
  27. happy brithday icahaa. salam kenal ;)

    ReplyDelete
  28. tiada kata
    tiada nama

    ReplyDelete
  29. selamat ulang tahun Icha...semoga sukses sebagai aktor penentu yang memberi warna di buku itu...nanti smua yang melihat, membaca bahkan penulisnyapun bisa senang dengan buku itu...

    *ati2 k'tama bisa buat gossip tu..:p*

    ReplyDelete
  30. here some good accessories for you, i hoppe you like them.

    ReplyDelete
  31. here some good accessories for you, i hope you love them. http://produkunik2000.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. Aq pernah baca kalau pelukis tidak pernah menggunakan penghapus, dan saya juga pernah baca kalo beethoven itu jenius counterpoint. Maksud saya ialah, untuk mengubah kehancuran dan kekacauan menjadi keindahan itu hanyalah masalah teknik dan imajinasi seperti kedua jenius di atas. Demikian juga lembaranmu hendaklah diserahkan pada Tuhan yg akan menjadikan semuannya indah pada waktuNya.

    Tuhan kiranya memberkatimu dengan kasih setiaNya yg berabad abad, sandar Dia senantiasa Alyssa Soebandono

    ReplyDelete