28.4.11

Mama.

Tepat tanggal 28 April 2011 adalah hari ulang tahun Mama. Lagi, Icha ga bisa ada di samping atau pun di depan Mama untuk mengucapkannya secara langsung. Bahkan yang buat Icha kesel, saat jam 00.00 pun Icha ga bisa Skype karena Internet connection yang lagi down. Sedih banget rasanya. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengungkapkan apa yang ingin Icha utarakan adalah melalui blog ini, tempat dimana Icha bisa mecurahkan segalanya.

Mama.

Selamat ulang tahun. Kata itu mungkin terdengar sangatlah simple dan sederhana, tapi Icha mengucapkan itu semua tulus dan ikhlas dari seorang anak untuk ibunya. Icha ga bisa kasih apa-apa selain doa. Ga banyak yang Icha bisa berikan untuk Mama, bahkan Icha juga ga menyiapkan apa-apa. Icha hanya berharap semoga Mama diberikan umur yang panjang, sehat selalu, semakin disayang oleh semua orang yang dekat dan sangat menyayangi dan mencintai Mama, terutama keluarga, dan yang terpenting adalah semoga Mama selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin :')

Mama.

Tepat 2 hari sebelum Mama ulang tahun, Mama telp Icha, dan disaat itulah Icha ga kuasa untuk menahan nangis. Kerasa banget betapa kangen nya Icha sama keluarga dan juga rumah. Tapi Icha tahu saat ini ga memungkinkan untuk Icha bisa pulang ke Indonesia. Seandainya saja ada waktu, Icha akan bela-belain pulang demi ketemu keluarga. Di telp, Icha tiba-tiba diam, dan Icha hanya dengar Mama manggil "Cha...". Suara yang sangat Icha rindukan. Teramat sangat. Dan di sinilah Icha sadar akan sesuatu. Sesuatu yang sangat berarti dalam hidup Icha..

Ada satu cerita pendek yang Icha pernah baca mengenai seorang Ibu. Cerita tersebut adalah percakapan antara seorang anak dan Allah. Inilah ceritanya.

Suatu hari seorang anak bertanya kepada Allah.

Anak: "Ya Allah, kenapa Bundaku suka menangis?"

Allah SWT: "Karena Bunda-mu seorang wanita, Aku ciptakan ia sebagai makhluk yang sangat istimewa. Aku kuatkan bahunya untuk menjaga putra-putrinya. Aku lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman. Aku kuatkan rahimnya untuk menyimpan benih manusia. Aku teguhkan pribadinya untuk terus berjuang saat orang lain menyerah. Aku beri ia rasa sensitif untuk mencintai putra-putrinya dalam keadaan apapun. Aku kuatkan batinnya untuk tetap menyayangi meski disakiti oleh putra-putrinya ataupun oleh suaminya sekalipun. Aku beri ia kekuatan untuk mendorong suaminya belajar dari kesalahan. Aku beri ia keindahan untuk melindungi batin suaminya. Bunda-mu adalah makhluk yang kuat. Sangat kuat. Jika suatu saat kamu melihat ia menangis, itu karena Aku beri ia air mata yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk membasuh luka batinnya sekaligus memberinya kekuatan baru.."

Mama,

Dari cerita di atas, Icha ingin Mama tahu apa yang ada di dalam perasaan Icha saat ini..

Banyak sekali hal-hal yang terjadi di antara seorang ibu dan anak. Ga sedikit pula hal tersebut buat kita jadi beurbah, tapi kita berawal dari keluarga dan di akhiri dengan keluarga juga. Banyak pelajaran yang didapat selama ini, di saat seorang Ibu masih terus setia mendampingi anaknya. Dan disitulah hal berharga yang di dapat dimana seorang Ibu belajar dari tingkah laku anaknya untuk bagaimana bisa mengendalikan kehidupannya. Tidak sekali dua kali seorang anak terus menyakiti perasaan Ibunya tanpa mengetahui bagaimana perasaan Ibu sesungguhnya. Anak tidak akan pernah tahu seberapa kuat ibunya karena Ibu tidak akan pernah memperlihatkan itu semua di depan anak. Dan mungkin sering juga anak merasa kalau Ibu tidak sayang lagi sama dirinya, padahal ada satu hal yang sampai kapanpun tidak akan pernah berubah dan siapapun tidak akan ada yang bisa merubahnya: Sejahat-jahatnya, senakal-nakalnya seorang anak, tidak akan pernah merubah kasih sayang dan cinta dari seorang Ibu. Ibu akan tetap menyayangi dan mencintai kita seperti apa adanya, tidak mengenal kata lelah. Bahkan ketika seorang anak telah mencoreng nama baik keluarga, Ibu rela menahan malu demi menghargai perasaan anak dan melindunginya..

Seandainya seorang anak bisa mengembalikan dan memutar waktu, ingin rasanya mengulang itu semua dan melakukan hal yang tidak dapat membuat Ibu kecewa ataupun sedih. Tapi pada kenyataannya adalah seorang anak tidak dapat memprediksikan masa lalu ataupun juga masa depan yang dilalui akan seperti apa. Tapi terlepas itu semua, tidak ada kata yang cukup yang mampu menampung seberapa besar rasa sayang seorang anak terhadap Ibunya. Tanpa Ibu, anak tidak akan pernah ada di dunia ini..

Dalam hati seorang anak, terdapat tangisan yang Ibu teteskan bersama anak, baik ada suara sekeras mungkin dan juga diam-diam. Dalam hati seorang anak, terdapat pengorbanan yang Ibu berikan untuk anaknya agar anak itu bahagia dan senang. Dalam hati seorang anak, terdapat sesuatu yang sangat spesial yang seorang Ibu katakan untuk anaknya. Anak tidak akan pernah bisa menggantikan seorang Ibu dengan apapun itu.

Terima kasih untuk telah menunjukkan betapa bangga nya seorang Ibu terhadap anaknya, tanpa memperdulikan seberapa kecil usaha yang telah dikerjakan anaknya. Terima kasih untuk pelajaran yang telah diberikan agar anaknya tumbuh menjadi anak yang membanggakan. Terima kasih untuk segala cinta kasih sayang, dan segala sesuatu yang Ibu berikan untuk anaknya. Dan saat ini, hanya doa tulus dari seorang anak untuk Ibunya yang dapat diberikan:

Ya Allah, tolong lindungi Ibu untuk cinta yang tidak pernah terbatas dan selalu ada sepanjang masa, untuk mencintai anaknya apapun yang terjadi, dan untuk seorang Ibu yang menunjukkan cinta dengan caranya sendiri yang dapat membuat seorang anak merasa bahagia dan senang. Amin.

Selamat ulang tahun, Mama tercinta.

Love,
AS

39 comments:

  1. hmm pernah baca cerita diatas.. :)

    nice post..
    visit mine http://zahrathelittledesert.blog.uns.ac.id

    ReplyDelete
  2. nice kak :)
    semangat semangat! ;)

    ReplyDelete
  3. Baca cerita kamu jadi kangen sama ibu yg lg dirumah..
    Semoga ibu selalu diberi kesehatan :')

    ReplyDelete
  4. kak icha, aku kangen ama mamaku pas bc ni...pengen meluk mama saat ini... :-(
    dari Bie AimLuvs (twitter)

    ReplyDelete
  5. duwixASL

    icha smgtttttt ya *\(´▽`)/*

    HBd bwt tante angki :) .........

    ReplyDelete
  6. good post ka, visit blog aku ya http://dithasstory.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. spt bisa ngerasa perasaan kamu saat mama telp kamu cha...kadang anak sering ngerasa ibu mereka ga sayang sama mereka. ibu lebih sayang anak lain berbanding mereka. tp mereka akn sedar saat mereka ditimpa musibah dan saat itu ibu tetap bersama mereka.

    Ahh jadi kangen sama ibuku.

    Met ultah buat mama mu icha..

    ~kangen posting kamu :)

    ReplyDelete
  8. icha buatkan mamabnya terasa bangga/proud dgn cerita yg icha luahkan...yg penting sering dan selalu DOA/pray kesihatan mamanya dan semua kehidupannya di dunia dan akhirat..-MA-

    ReplyDelete
  9. Mama saya juga lagi jauh dari saya, Kak Icha.. Tersentuh deh pas baca posting ini. :')



    Salam kenal kak hehehe

    ReplyDelete
  10. Happy Birthday , Mamanya kakIcha :)
    Sedih banget baca curahat kakak :)

    btw , hari ini juga Birthday aku :) jadi sama dong :)

    ReplyDelete
  11. bes dey tu yu bundaaa.... waa kangen bunda... kangen kak icha juga :')

    ReplyDelete
  12. Icha, I bet you have way too much to read on twitter, and this is probably the best way to reach you. I just want you to know that you are such an inspiration; you always motivate yourself to do your best on twitter and you love and honor your parents so much. Allah made you an actress/singer for a reason, not only to entertain people but to reach out and inspire them. I love you Icha!!

    ReplyDelete
  13. Met ultah utk Mama (calon mertua ku hihihi)..

    ReplyDelete
  14. hikss... kk kita sama,, tgl 27 kmren mamaku jg ultah.. tp gak bisa ketemu.. kangen mama.. :(

    ReplyDelete
  15. Med milad untuk mama icha..
    nice post cha...
    aku beruntung krn masih bisa 1 rmh sma ibu :)

    ReplyDelete
  16. nice post kak.. setelah baca ini aku jadi merasa beruntung bisa dkt sama ibu ku. aku jadi ingin selalu membahagiakannya sebelum aku pergi darinya suatu hari nanti untuk menggapai mimpiku..
    aku yakin mama kak Icha juga bahagia dan bangga mempunyai putri seperti kak Icha. kak Icha harus secepatnya menyelesaikan study kakak supaya kakak bisa segera kembali ke pelukan mama kak Icha dan membutnya lebih bangga dengan kak Icha. semangat kak Icha.. ^_^

    dari
    MO

    ReplyDelete
  17. wah sedihnya baca tulisan ini, aku yang masih tinggal sama mama. malah sering mengecewakannya..

    ReplyDelete
  18. Happy b'day for icha's mom, may Allah always give the best for her, sucsses for everythin' and always to be good mother.amin

    ReplyDelete
  19. jiwamu tetap seperti kejora.. polos, lembut dan ikhlas...

    ReplyDelete
  20. kejora..kejora.. kau memang benar-benar.. cucu nenek..

    oh ya.. birthday.. cucu nenek si erlangga pun 27 April..

    bagus ya.. kirim salam sama Baim Wong,,

    -nenek gautama-

    ReplyDelete
  21. selamat ulang tahun untuk mamanya mbak Icha :)
    semoga diberikan yang terbaik dari yg terbaik~

    ReplyDelete
  22. Icha, anak cantik tersayang.
    Betapa bangga Daddy dan mama terhadap Icha tidaklah perlu diutarakan – karena sejak Icha lahir kami berdua sudah sangat bangga. Bayi mungil yang kalau Daddy gendong langsung tidur, yan selalu main disarung yang dipakai Daddy dan main ayunan, anak kecil yang main biola, dan banyak lagi yang lainnya. Tetapi yang yang membanggakan adalah keputusan yang Icha buat untuk focus pada studi, meskipun tawaran untuk main sinetron dan lain2nya begitu membanjir. Setiap Icha membuat tulisan diblog Icha Daddy selalu merasa ada yang menganjal ditenggorokan karena terharu – terutama dihari ulang tahun setiap orang dikeluarga mulai dari Daddy, Mama dan lain2nya.

    Daddy memang tidak menulis sewaktu Icha menulis di ulang tahun daddy, karena memang Daddy tidak tahu harus menulis apalagi. Setiap orang yang pernah baca blog Icha waktu itu – mahasiswa, teman sesama dosen, atau teman kerja – selalu member masukan yang sangat positif tentang tulisan Icha. Malahan atas permintaan salah satu dosen Daddy memutar video yang Icha buat sewaktu ulang tahun Daddy, mereka sangat terkesan dan banyak berkaca-kaca matanya.

    Icha, bertahan yha - Icha tinggal beberapa minggu lagi – kami semua juga sangat kangen pada Icha dan selalu berharap Icha berada ditengah keluarga. Bagi Daddy, meskipun Icha jauh di Brighton tetapi Icha ada ditengah-tengah kita semua. Daddy akan berusaha mengatur jadwal sehingga bisa menjemput Icha sewaktu pulang dan kita bisa sama-sama ke Aussie.

    Sabar yha, sayang. We all love you - DAD

    ReplyDelete
  23. kejora,krim slm kt baim wong , eva , rachel amanda n nenek gautama ya..bleyh ngak..aq ska lihat kamu brlkon cite KEJORA DAN BINTANG kamu n bintang ciut banget...I Love You So Much..!!kamu niey baik ya..aq ska banget ama kamu..

    ReplyDelete
  24. wah, maaf telat yagh'
    Happy Birthday buat ibu kamu,
    semoga panjang umur selalu, dan diberi kesehatan sama ALLAH SWT, amin
    sukses terus,
    salam buat ibu kamu,

    ReplyDelete
  25. terharu sekali aku membacanya... I LOVE U MAMA

    Happy birthday buat mama kamu y icha..

    semoga diberi kesesehatan, sllu dilindungi ALLAH SWT.. AMiinn..

    semoga icha dapat menyelesaikan kuliahnya dgn hasil yg memuaskan.. AMIIn.

    ReplyDelete
  26. kak Icha manggil Mama sama Daddy yah..?

    Selamat ulang tahun yah buat mamanya kak Icha, mudah-mudahan selalu di Rahmati Allah swt.. :)

    ReplyDelete
  27. alyssa aku punya puisi tuk ibu km

    Untuk Bunda

    Kau Adalah Yang Pertama Menyentuh Ku . . .
    Kau Adalah Yang Pertama Mendekap Ku Ditengah Dingin Malam . . .
    Kau Adalah Sesuatu Yang Indah Bagi Ku . . .

    Ceriakan Hati Dikala Jiwa Ini Terpuruk . . .
    Kau Sosok Tak Tergantikan Bahwa Tak Selamanya Raga Mu Ada . . .
    Setia Mu Melekat Sampai Aku Diujung Usia . . .

    Bunda Izinkan Aku Bersujud Kali Ini . . .
    Sebagai Tanda Aku MENCINTAI MU . . .

    ReplyDelete
  28. Icha, aku punya lagu untuk bunda..
    didengerin ya, siapa tau kamu suka . hehe

    http://www.4shared.com/audio/TXL8BkUG/cinta_untuk_bunda.htm

    aku Rizki =D fans icha,
    sampe dulu pernah bikin nama di fb.
    Rizki prasetya putra soebandono. hehehe.
    tp sekarang udah ganti. ga enak sama icha.
    ^_^ .

    ReplyDelete
  29. kak icha, :)
    selamat ulang taun buat mama ya, semoga selalu diberikan yg terbaik oleh Allah :)
    salam kenal ^^

    ReplyDelete
  30. aku jaid kangen ama mamah.. I miss yo mam..

    Salam.

    ReplyDelete
  31. proud of you my dear, keep up the good work. Big fan of yours

    ReplyDelete
  32. Wah..kamu beruntung banget yah cha..bisa ngelihat secara live the royal wedding..pastinya itu kenangan manis buat kamu kan..

    ReplyDelete
  33. icha :)
    semoga kamu sehat disana, supaya kamu masih bisa menulis dan saya masih bisa membaca.. boleh minta account emailnya ga..

    ReplyDelete
  34. http://benkart.deviantart.com/gallery/

    ReplyDelete
  35. cukup do'a yg tulus buat orang tua TUHAN pun mengerti, amin'
    panjang umur buat ibu kamu,

    ReplyDelete
  36. Jadi kangen sama one(Mama) di kampung,,,
    Heheh,,

    ReplyDelete