6.11.09

Friends are friends forever..

Sahabat,



Sebuah kata yang sangat indah. Sebuah kata yang sangat berarti dalam kehidupan kita. Sebuah kata yang begitu berjasa dalam kehidupan kita. Sebuah kata yang tidak mudah untuk didapatkan, tetapi sekali kita mengerti akan arti dari kata tersebut, kita tidak akan mudah untuk melepaskannya.

Kita hidup di dunia ini bukan untuk mencari musuh. Kita hidup, untuk saling membantu, untuk saling mengingatkan, dan yang pasti untuk saling berbagi. Banyak sekali di antara kita yang selalu berpikiran kalau kita bisa melakukan semuanya sendiri. Ya memang, tapi pada kenyataannya tidak. Kita membutuhkan setidaknya satu orang untuk membantu kita agar kehidupan yang kita jalani menjadi lebih indah. Banyak sekali diantara kita yang sering salah pengertian dalam kata sahabat. Kita bisa mempunyai teman sebanyak mungkin, tetapi tidak semua orang yang kita anggap sebagai orang yang 'dekat' dengan kita, yang kita anggap paling tahu tentang kita itu sebagai sahabat. Tidak. Karena arti sahabat, itu lebih dari itu semua.

Kehidupan itu seperti roda atau bumi, dimana semuanya selalu berputar, tidak pernah pada porosnya. Kita sebagai manusia pasti pernah mengalami masa-masa sulit, dimana kita dihadapi dengan masalah yang sama sekali tidak kita inginkan untuk terjadi, tapi apa mau dikata, semuanya terjadi. Dan seringkali kita sebagai manusia suka 'sombong', dimana kita tidak mau merasakan apa yang dirasakan orang-orang sekitar kita yang pernah berada di 'putaran bawah' kehidupan. Dan seringkali kita berdoa agar dijauhi dari masalah-masalah yang 'menganggu' kehidupan kita. Tetapi pada kenyataannya, sekeras apapun usaha kita, tetap saja kita dihadapi oleh masalah-masalah itu.

Pada masa-masa seperti ini, sering manusia berpikir, bahwa Tuhan itu tidak adil. Kenapa kita selalu di hadapi dengan masalah yang berat? Padahal kita seharusnya ingat, bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan kepada Umat-Nya yang lebih dari kemampuan mereka. Dan dalam keadaan seperti inilah seharusnya kita sadar, bahwa kita telah diberikan harta yang sangat berharga. Yaitu sahabat. Ya, sahabat adalah harta yang terindah untuk kita. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, bisa diimbangkan dengan kehadirannya seorang sahabat.

Disinilah arti sahabat bisa di mengerti. Sahabat bukanlah teman biasa. Dia tidak akan pernah hadir selalu setiap saat di samping kita, kemana pun kita pergi, bahkan bisa terpisah dengan jarak yang sangat jauh. Namun, seorang sahabat akan selalu setia ada untuk kita dalam keadaan apapun, dan dia mau menerima kita apa adanya dengan segala masalah yang kita hadapi. Tidak semua sahabat bisa memberikan masukan yang berguna, namun seorang sahabat itu tulus membuka tangannya untuk kita disaat kita sedang susah, rapuh, sedih, atau apapun itu. Seorang sahabat selalu siap membantu, mendengarkan dengan setulus hati semua keluh kesah kita, dan yang terpenting, sahabat mau diajak masuk kedalam kehidupan kita yang rumit dan juga selalu memegang teguh akan rahasia yang ada diantara kita.

Seperti yang sudah dikatakan, kita bisa mempunyai banyak teman, bahkan jumlahnya tidak terhitung, karena semua orang, kemanapun kita pergi, kita anggap sebagai teman kita. Namun, teman yang bisa menjadi sahabat, itu tidak semua. Hanya sedikit jumlahnya, bahkan bisa dihitung dengan jari. Namun disinilah hebatnya kekuatan seorang sahabat. Ketika masa-masa perih itu datang menghantui kehidupan kita dan kita merasa bahwa beban yang kita pikul itu berat sekali sehingga tidak bisa kita pegang, dengan kehadirannya seorang sahabat, seketika kita akan merasa bahwa beban itu semua jauh terasa lebih ringan.

Banyak macam cara yang bisa membawa kita kedalam kehidupan yang bahagia, senang, dan nyaman. Namun ketika kita merasakan dan mengerti akan kehadirannya sahabat dalam kehidupan kita, bersyukurlah, karena itu adalah hal yang terindah yang tidak akan pernah bisa ditemui dalam waktu yang singkat. Rasa tulus memberi dan diberi itu hadir dari lubuk hati yang paling dalam. Dan akhirnya kita mengerti, bahwa sahabat itu tidak pernah memaksa atau dipaksa. Dia akan datang dengan sendirinya, dengan ketulusan hatinya, panggilan jiwanya. Dan sekarang, kita tahu, bahwa kita tidak pernah sendiri. Sejauh apapun kita berada, kita masih mempunyai harta yang amat sangat berharga; keluarga dan sahabat. Disinilah kita berterima kasih, karena walaupun sahabat tidak selalu ada setiap saat di samping kita, selalu menemani kemanapun kita pergi, tapi jauh di lubuk hati kita yang terdalam kita tahu, bahwa seorang sahabat sejati akan selalu ada untuk kita dan menerima kita dalam keadaan apapun, seburuk apapun itu.

Ketika ditanya harta apa yang paling indah yang kamu dapatkan selain keluarga? Sahabat lah jawabannya. Dan kini, kita berterima kasih dan bersyukur yang sebesar-besarnya atas Anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada kita. Harta yang akan kekal jika kita bisa menjaga itu semua, harta yang tidak akan pernah hilang dari kehidupan kita.

When it hurts to look back, and you are scared to look ahead, you can look beside you and your bestfriend will be there.

Sahabat adalah orang yang menghampiri kehidupan kita ketika seluruh dunia menjauh. Karena persahabatan itu seperti tangan dan mata. Saat tangan terluka, mata menangis, dan saat mata menangis, tanganlah yang bersedia untuk menghapusnya. Dan tali persahabatan yang terjalin akan seperti kedua mata kita. Mereka bergerak berbarengan, berkedip bersamaan, mengeluarkan air mata disaat yang sama, melihat pemandangan apapun dari sudut pandang yang sama, akan tetapi mereka tidak akan pernah bisa 'berkaca' satu sama lain. Namun, mereka akan tetap 'berpegangan' dan Berharap persahabatan diantara kita akan seperti kedua pasang mata, dan juga sahabat yang ada untuk kita seperti tangan dan mata.

Dan kini, telah kudapatkan anugerah terindah tersebut, dan akan kujaga untuk selamanya.

Terima kasih sahabat.

Walaupun jarak memisahkan kita, tapi pasti kita tetap bisa bersatu. Karena persahabatan kita akan selalu abadi. Terima kasih telah memanggilku sebagai sahabat. Terima kasih mau menerimaku sebagai bagian dalam kehidupan kalian. :):)

Sejauh apapun langkah yang kita ambil masing-masing, tetap yakin bahwa kita selalu ada untuk satu sama lain. <3

Dedicated to my Best Friends:


  • Tim Rusuh: Natasha, Fathya, Jefta, Geovanni, Karina, Gabby
  • Princess Christine Dewi

33 comments:

  1. tulisan canti tentang persahabatan. Friendship is forever...

    ReplyDelete
  2. hmmmm.... i think sooo....

    cha mampir juga yh ke blog gw...

    awas klo nda...

    g lg garap novel tentang anak indigo gitu...

    baru part 1 sii g taro di blog... abis klo di taro semua ga da yang bli buku gw donk... hehehehe...

    ReplyDelete
  3. Nice post ttn persahabatan. beruntung kita punya sahabat.
    Salam buat sahabat2 icha, ya.

    ReplyDelete
  4. Friendship forever
    Never a part...
    Maybe by distance but never by the heart..
    -M&G- Alyssa Soebandono, june 21st 2009

    ReplyDelete
  5. kata2nya bagusss bgt kak, aku sukaaaa bgt :)

    ReplyDelete
  6. I'm agree....
    Bestfriends are forever :)

    ReplyDelete
  7. Ibarat tangan dan mata maka terangkailah sebuah kata “PERSAHABATAN” Pada saat tangan terluka, mata meneteskan air, dan ketika mata meneteskan air, tangan juga yang mengusap air itu Indah ternyata tapi punya banyak arti, walaupun hanya seuntai kata “PERSAHABATAN”… kadang pelakunya sering salah mengartikan…atau ada juga yang dengan sengaja mengabaikan.. entah karena rasa egois, atau mungkin karena perputaran roda kehidupan yang selalu menuntut untuk kita selalu mengikuti roda kehidupan yang berputar Tidak semudah itu dipahami… tapi andaikan kita mencoba sesaat saja…. berada di posisi mereka yang dengan tulus mengartikan kata itu…. maka kita akan tahu makna sesungguhnya KEJUJURAN, KEPERCAYAAN, KESETIAAN….. semua itu terpatri jelas didalam kata itu tinggal bagaimana sebagai pelaku kita menjalaninya Cukup sulit menjalaninya tidak semudah diungkapkan Karena tanpa kejujuran, kepercayaan dan kesetiaan maka PERSAHABATAN hanyalah sebuah tulisan kosong belaka tanpa makna apapun, tetapi… itu bukan berarti kita harus menutup mata… ketika KETIDAKJUJURAN itu hadir karena pada saat itulah kita menang dalam satu ronde peristiwa yang disebut “KEHIDUPAN"

    ReplyDelete
  8. mencari sahabat sejati adalah hal yg sulit, tapi lebih sulit lagi mempertahankan persahabatan.....

    ReplyDelete
  9. Katakatanya bguuus bnget hehehe :D setujuuu!

    ReplyDelete
  10. Persahabatan adalah penentuan kebutuhan jiwa. Ladang hati yang dengan kasih kalian taburi dan kalian pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Naungan sejuk keteduhanmu, api unggun kehangatan jiwa. Karena kalian menghampiri di kala hati gersang kelaparan dan mencarinya di kala jiwa perlu kedamaian. Dalam persahabatan yang tanpa kata, segala pikiran, harapan dan keinginan terungkap dan terangkum bersama - menyimpan keutuhan. Ketika tiba saat perpisahan, jagan kalian berduka, sebab apa yang kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih cemerlang dari kejauhan - seperti gunung yang tampak lebih agung terlihat dari padang dan daratan. Jangan ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa. Karena cinta kasih yang masih mengandung pamrih hanyalah jaring yang ditebarkan keudara - hanya menangkap kekosongan semata.
    Tim Rusuh, benar apa kata bunda angki... persahabatan nggak akan pernah berakhiiiir... friendship is never ending:))

    ReplyDelete
  11. Wahhh...kalian benar semua,bagus semua dan hebat semua...yg punya blog,yang comment kecuali gue aja yg ngg hebat..

    #tim RUSUH semua is the best
    >>Alyssa soebandono
    >>Natasha chairani
    >>Fathya arta utami...albumnya uda keluar ya"AUVIE"
    >>Geofani jacob
    >>dll..

    gd luck buat kalian semua juga buat kita semua..amiiin.

    ReplyDelete
  12. yap...
    hidup tanpa seorang sahabat...???
    tidak ada yang bisa menjalani hidup seperti itu..
    sahabat bagian terpenting dalam kehidupan sosial...

    ReplyDelete
  13. Nikmati masa mudamu, karena kau akan benar-benar sibuk di masa tuamu.. Ok.

    ReplyDelete
  14. thank you sayaang :)
    we all here for u..seneng deh kita bs saling melengkapi sebagai sahabat, smoga kita bisa terus jaga persahabatan kita yaaa smp kapan pun..amiin..
    sukses ya cantik disana.. cepat kembali kita MERUSUH bareng lagi secara langsung gak dr cam aja..hihi.. WE LOVE n MISS U 'IJAH' Soebandono

    ReplyDelete
  15. WOW!! awesome.
    thanks dear we love you always.
    always remember we are here for you and will be everywhere you are whenever you need us!!!! :) :) BIG HUG!! ><

    ReplyDelete
  16. aww. this is too sweet. you write well. :))

    ReplyDelete
  17. Sahabat?... Ehmm... Dimanapun.. Kapanpun... He/she always be there

    ReplyDelete
  18. cha, sering2 update blog ya.. soalnya twitternya kan udah nggak ada.. keep contact ya..
    take care

    ReplyDelete
  19. I totally agree with u icha! Nice post.. ^_^

    ReplyDelete
  20. wiiih icha hebat bisa tetap menjaga persahabatannya dengan sahabat2. saluut to icha

    ReplyDelete
  21. WOOOO
    KEREN BANGETTT
    KU JUGA PENGEN TERUSS JAGA RASA PERSAHABATANN JADI NYAAA

    ReplyDelete
  22. Liburan masa depan, kesini icha yaaa!

    ReplyDelete
  23. Cha Perlu diingat..
    bukan karena sahabat ,,kau begitu berarti baginya

    kebaikan mu saja ,,,,bisa membuat semua didunia sahabatmu, hanya saja memang perlu lebih banyak gelombang paramater kau mengetahui, atau org blng itu faktor X,
    X ke 1 nya kau taat pada tuhanmu dan tuhanq jg
    X ke 2 nya kebaikanmu atas orang tua dan saudaramu
    X ke 3 kebaikan atas pernyataan ke khalayak umum.
    sebenarnya banyak X faktor
    sehingga yang nampak, hanya kilasan, tapi sebab terjadinya sahbat yg perlu kau ketahui

    intinya ketulusan dan keikhlasan dirimu atas kehidupan , maka ada jalan dalam pencapaian tujuanmu

    Kreitz

    ReplyDelete
  24. seharusnya memang seperti itu cerita tentang sebuah pesahabatan yg banyak dibicarain banyak orang dan termasuk lo jg angkat bicara tentang persahabatan..
    yg paling penting dari persahabatan itu sebenernya perasaan "NYAMAN"
    NYAMAN disamping dia sekalipun dalam diam, waktu ada masalah berat sekalipun dia gak berbicara sepatah kata pun dan cuma bisa duduk dengan setia nemenin kita.tp dengan adanya dia disamping kita itu udh cukup untuk ngilangin separuh beban kita..
    BUT IT JUST A TEORY ABOUT FRIENDSHIP
    FRIENDSHIP WAS DIE
    dia cuma dlm khayalan...

    ReplyDelete
  25. waktulah yang selalu menunjukkan dan menguji

    ReplyDelete